POPULAR STORIES

Wuling Almaz RS Pamerkan ADAS Di IIMS Hybrid 2022

Wuling Almaz RS Pamerkan ADAS di IIMS Hybrid 2022 Wuling Almaz RS (Foto:Sigit/KabarOto)

Kabaroto.com - Kecanggihan yang dihadirkan oleh Wuling Almaz RS menjadi keseruan tersendiri bagi pengunjung yang hadir di Indonesia International Auto Show (IIMS) Hybrid 2022. Bagi Sobat KabarOto, jangan melewatkan pameran ini di JIExpo Kemayoran hingga 10 April mendatang.

Wuling Motors (Wuling) di IIMS Hybrid 2022 ini mengangkat tema ‘Experience The Next Innovation’ untuk menunjukkan fitur andalan di Wuling Almaz RS yakni Advanced Driver Assistance System (ADAS). Yup, untuk flagship Almaz RS ini diklaim sebagai ‘Intelligent Digital Car’.

Tak dipungkiri sebagai bagian Inovasi dari Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang mendukung kenyamanan dan keselamatan berkendara di Almaz RS. Adapun ADAS mendukung kewaspadaan pengemudi sehingga dapat mengurangi risiko insiden ketika di jalan raya.

Baca juga: Ini Program Penjualan Wuling Motors Selama IIMS Hybrid 2022

Secara detail dijabarkan bahwa ADAS tersebut mengandalkan sensor radar dan kamera, ADAS mendukung fungsi-fungsi bantuan dalam empat kategori, yakni Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, serta Automatic Light.

Di dalam kategori Adaptive Cruise, terdapat Adaptive Cruise Control (ACC) yaitu mode jelajah yang menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depannya secara otomatis untuk menjaga jarak aman. Kemudian, mobil akan melambat secara otomatis saat memasuki tikungan dengan bantuan Bend Cruise Assist (BCA). Lalu, ada juga Intelligent Cruise Assistance (ICA) dan Traffic Jam Assistance (TJA) yang secara otomatis menjaga jarak aman sekaligus posisi kendaraan dalam lajurnya saat kondisi lalu lintas macet maupun lancar.

Pada sisi lain, kategori Lane Recognition berperan untuk memberikan peringatan serta secara aktif mengoreksi arah kendaraan terkait lajur marka jalan yang ditangkap oleh kamera ADAS. Pertama, terdapat Lane Departure Warning (LDW) yang akan memberikan peringatan ketika kendaraan keluar lajur tanpa dikehendaki. Lalu, ada Lane Keeping Assist (LKA) yang jika dalam keadaan aktif akan secara otomatis mengoreksi arah kemudi untuk kembali ke lajur yang aman.

Sebagai pendukung keselamatan, ADAS turut mencakup kategori Safe Distance & Braking Assistance yang memiliki fitur aktif maupun bersifat peringatan. Safe Distance Warning (SDW) akan memberikan peringatan ketika kendaraan di depan berada di bawah jarak aman.

Jika terdapat potensi tabrakan depan, Forward Collision Warning (FCW) akan memberikan ragam peringatan berupa suara, tampilan visual, atau rem sekejap yang disesuaikan dengan tingkat bahayanya. Lalu, terdapat pula Automatic Emergency Braking (AEB) yang secara otomatis melakukan pengereman darurat jika pengemudi tidak merespon peringatan bahaya tabrakan yang terdeteksi, dan akan dimaksimalkan oleh Collision Mitigation System (CMS) jika tabrakan tidak dapat dihindari.

Pengemudi juga dibantu oleh Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA) untuk menyesuaikan besarnya gaya pengereman secara otomatis sesuai risiko bahaya jika gaya injak rem pengemudi tidak mencukupi.

Baca juga: Wuling New Cortez Curi Perhatian Pengunjung IIMS Hybrid 2022

Terakhir, terdapat juga kategori Automatic Light dengan fiturnya yaitu Intelligent Head Beam Assistance (IHMA). Fitur ini akan secara otomatis menyesuaikan ketinggian pancaran cahaya lampu utama sesuai dengan kondisi pencahayaan lingkungan sekitar. Dengan demikian, pengemudi dapat berkendara melalui kondisi cahaya yang berbeda-beda saat malam hari tanpa perlu melakukan penggantian mode lampu secara terus menerus.

ADAS melengkapi kecanggihan Wuling Interconnected Smart Ecosystem bersama dengan Internet of Vehicle (IoV) pada Intelligent Digital Car dari Wuling, Almaz RS. Melalui siaran pers yang diterima redaksi, inovasi ini dapat dicoba langsung di booth Wuling yang berlokasi di hall D, JIEXPO Kemayoran di IIMS Hybrid 2022 sampai dengan 10 April 2022. Selain Almaz RS, Wuling juga menghadirkan lini produk lengkapnya termasuk New Cortez, Innovating Comfort Zone serta ragam promo menarik selama pameran.