POPULAR STORIES

Wuling Produksi 117 Mobil Di Indonesia Setiap Hari

Wuling Produksi 117 Mobil di Indonesia Setiap Hari Produksi Wuling di Indonesia

KabarOto.com - Setiap hari pabrik Wuling Motors di Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, mampu memproduksi 117 unit mobil. Untuk menghasilkan satu mobil, prosesnya pun cukup banyak, namun ternyata waktunya terbilang cukup singkat.

Untuk membuat satu unit mobil, pabrik Wuling Motors di Indonesia yang memiliki luas 60 hektar tersebut hanya membutuhkan waktu selama 6-7 menit. Kok bisa?

Baca Juga: Test Drive - Toyota Kijang Innova Venturer 2.4 Diesel A/T

"Pabrik kami di Indonesia ini memiliki standarisasi General Motors (GM) global. Jadi, untuk kualitas tentunya tidak perlu diragukan. Setiap hari kita bisa memproduksi 117 unit mobil," ujar Arif Pramadana, Direktur Senior Manufaktur Wuling Motors.

Arif pun memaparkan, pabrik yang berlokasi di Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang, Jawa Barat, memiliki luas total 60 hektar yang terbagi dua masing-masing 30 hektar untuk manufaktur dan supplier park.

Untuk proses pengerjaannya, lanjut Arif, dilakukan baik tenaga manusia (SDM) maupun robotik. Komposisi persentase sebesar 50:50.

"Untuk memproduksi mobil di Indonesia kita menggunakan teknologi robotik, namun juga tentunya melibatkan pekerja yang telah dilatih secara ketat. Untuk menekan reject rate tidak ada karena itu menyangkut cost," ungkap Arif.

Lebih lanjut Arif memaparkan, seluruh pekerja telah melalui serangkaian pelatihan untuk menekan reject. "Jadi jika ada kesalahan, itu karena mereka sendiri dan bagaimana mereka harus bisa langsung menangani," bebernya.

Pabrik Wuling

Baca Juga: Begini Cara Wuling Produksi Mobil di Indonesia

Selain itu, Arif pun meyakini bahwa pabrik Wuling Motors di Indonesia unggul dalam hal fleksibilitas. Karena seluruh proses manufaktur bisa lebih efisien dalam hal waktu, khususnya jika ada perubahan bisa langsung menyesuaikan.

"Kita melihat permintaan, jika harus ada penyesuaian kan juga mudah. Semisal di satu hari harus memproduksi Confero, namun bisa berubah langsung menggarap Cortez," imbuhnya.

Tidak hanya itu saja, keunggulan dari pabrik Wuling Motors pun terletak pada suplai kebutuhan produksi yang lebih mudah. Karena umumnya vendor pemasok komponen Wuling berada dalam satu wilayah yang sama di dalam pabrik Wuling.

Tercatat, terdapat 15 pemasok komponen utama untuk jajaran produk Wuling yang berada di dalam area pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat, seperti Baosteel yang diketahui memproduksi bodi dan rangka dari jajaran produk Wuling.

Wuling pun diketahui turut menggandeng 20 produsen komponen lokal dalam memproduksi mobil mereka yang dipasarkan di Indonesia.

"Untuk memenuhi demand akan produk yang kami pasarkan di Indonesia, biasanya dalam memproduksi mobil kami lebih fleksibel, bisa dicampur (produksi Confero dan Cortez) atau langsung ganti ke Confero. Tergantung kepada permintaan saja," tukas Arif.

Baca Juga: AK550, Skuter Canggih Kymco yang Asyik untuk Touring