POPULAR STORIES

Xpeng Motors Pamer Mobil Terbang Dan Pengisi Daya Mobil Listrik Super Cepat

Xpeng Motors Pamer Mobil Terbang Dan Pengisi Daya Mobil Listrik Super Cepat

KabarOto.com – Pada gelaran 1024 Tech Day, Xpeng Motors mengungkap berbagai konsep tekonologi terbaru, termasuk mobil terbang dan kuda poni robot.

Untuk mobil terbang bernama HT Aero, pabrikan mobil listrik asal Tiongkok ini mengembangkan proyek tersebut oleh afiliasi XPeng'x Urban Air Mobility. Meskipun tidak mengungkap detail spesifikasinya, mobil terbang ini menampilkan beberapa redundansi keselamatan serta desain yang ringan dan mekanisme rotor yang dapat dilipat.

Saat mobil diparkir, dua pintu gullwing terbuka dan memungkinkan rotor berayun ke tempatnya. Baling-baling kemudian memanjang, memungkinkan mobil lepas landas dan mendarat secara vertikal.

Baca juga: Mobil Balap Terbang Pertama Di Dunia Tengah Uji Coba Perdana

Dari segi tampilan, mobil terbang ini terlihat seperti supercar futuristik karena menampilkan desain aerodinamis dan roda belakang tertutup sebagian. Selain itu, di dalam kabin mengusung interior berteknologi tinggi dengan sistem infotainment transparan dan tampilan digital yang terintegrasi ke dalam roda kemudi.

Kabarnya, XPeng Motors mengatakan peluncuran direncanakan untuk 2024. Mereka juga mencatat produknya ini akan siap beroperasi dan akan sepenuhnya legal di jalan.

Menurut laporan lain, XPeng Motors menggunakan acara tersebut untuk mengumumkan rencana peluncuran sistem bantuan driver XPilot 3.5 awal tahun depan. Setahun kemudian, pada paruh pertama tahun 2023, XPeng Motors akan meluncurkan XPilot 4.0. Ini disebut sebagai sistem bantuan pengemudi secara penuh yang memungkinkan mengemudi secara otonom. Sistem ini menggunakan kamera teropong depan 8 juta piksel, kamera tampak samping 2,9 juta piksel, dan dua SoC penggerak otonom Orin-X.

Baca juga: Mobil Terbang Asal India Ini Bisa Berada Di Ketinggian 3.000 Kaki

Bukan hanya itu, pesaing Tesla ini juga mengumumkan rencana untuk platform SiC produksi massal 800V tegangan tinggi pertama di Tiongkok, dengan supercharger X-Power generasi baru yang mampu mengisi daya hingga jarak 200 km hanya dalam 5 menit.

Terakhir, Xpeng Motors juga memperkenalkan prototipe robot kuda poni. Robot ini memiliki fitur penginderaan wajah, tubuh dan suara untuk mengenali banyak pengguna, kuda poni juga dapat berjalan berkat perencanaan rute 3D dan anggota tubuh berteknologi tinggi, dan anak-anak tampaknya dapat menaikinya.