POPULAR STORIES

Yamaha Prediksi, Penjualan Motor Di Indonesia Tahun 2022 Mencapai 5,4 Juta Unit

Yamaha Prediksi, Penjualan Motor di Indonesia Tahun 2022 Mencapai 5,4 Juta Unit Yamaha Aerox 155

KabarOto.com - Industri otomotif baik itu sepeda motor dan juga mobil sempat dihantam badai pandemik Covid-19. Melorotnya penjualan, karena daya beli masyarakat yang menurun. Mereka cenderung menahan uang untuk kebutuhan primer.

Namun, tahun 2021 ini penjualan cukup baik. Sepeda motor yang menjadi kendaraan masyarakat Indonesia menjalanlan aktivitas mulai banyak diburu. Bahkan, tahun 2022 mendatang, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) optimis, penjualan motor bisa mencapai angka 5,4 juta unit.

Baca juga: Dibanderol Rp 69 Jutaan, Yamaha R25 Livery World Grand Prix 60th Meluncur Di Indonesia

Hal itu dijelaskan Executive Vice President Director YIMM, Dyonisius Beti. Dyon menuturkan, vaksinasi yang meluas membuat tingkat kepercayaan masyarakat meningkat. untuk melakukan mobilitas, berdampak positif ke daya beli masyarakat.

Yamaha Gear (Foto: Kabaroto.com)

"Dibanding 2020, dan 2022 akan lebih bagus lagi demand-nya. Karena satu, covid relatif rendah, vaksinasi tinggi dan akan segera booster," terangnya, belum lama ini. Ia menyebut, Indonesia termasuk negara terbaik di dunia.

kemudian, optomisnya Yamaha didukung dengan harga komoditas yang sangat bagus, seperti kelapa sawit batu bara, daya beli naik. "Selanjutnya PPKM akan relaksasi lah karena covid lebih baik. Jadi perlu motor semua orang," terangnya lagi.

Ia menambahkan, Bank dunia maupun IMF prediksi Indonesia akan growth antara 5,2 sampai 5,9 persen. "Indonesia kebutuhan motor akan sangat tinggi, prediksi kita 5,1 sampai 5,4 juta unit di 2022," tambah Dyon lagi.

Namun, prediksi yang disampaikannya masih di bawah target pasar motor domestik saat sebelum Pandemik, yang mencapai 6,4 juta unit. Jumlah tersebut terhambat karena microchip yang langka, sehingga harsu menunggu beberapa suku cadang. "Kita produksi nggak bisa gaspol maksimum karena part ini mengganggu," tambanya.

Baca juga: Yamaha NMax Model Lawas Tidak Lagi Diproduksi

Angka yang diprediski Yamaha tak berbeda jauh dengan Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), yang memprediksi permintaan sepeda motor baru di pasar domestik akan meningkat jadi 5,1 juta sampai 5,4 juta unit di tahun 2022 mendatang.