Yayasan Astra Fokus Bangun Pendidikan Di Daerah Tertinggal

Yayasan Astra Fokus Bangun Pendidikan di Daerah Tertinggal Penanaman pohon di sekolah binaan Astra

KabarOto.com - Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) yang dibentuk secara khusus oleh PT Astra International Tbk terus berkontribusi menggerakan pendidikan Indonesia. Target yang dijalankan untuk wilayah prasejahtera dan 3T (terluar, terdepan, tertinggal). Semua program dijalankan berdasar pada 4 metode pembinaan terintegrasi, yakni akademik, seni budaya, karakter dan kecakapan hidup.

Yayasan yang memasuki usia ke-12 tahun ini sudah membina sebanyak 106 sekolah yang tersebar di Kabupaten yang berada di Provinsi Lampung, Banten, Jawa Barat, D.I Yogyakarta, Kalimantan Tengah dan Nusa Tenggara Timur. Total guru binaan sebanyak 1.509 dan jumlah siswa 23.819.

Baca Juga: Grup Astra Kerahkan Bantuan Bagi Korban Bencana Sulawesi

"Terdapat 33 sekolah binaan yang sudah mencapai sekolah unggul," terang Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo, dalam keterangan virtual beberapa waktu lalu. Selain itu, terdapat 18 sekolah binaan yang sudah masuk dalam tahap proses unggul, dan ada 43 sekolah binaan yang masih dalam penilaian untuk terakreditasi A.



Dia menambahkan, di masa Pandemi Covid- 19 dan masa new normal, pihaknya tetap semangat, dan terus memotivasi seluruh sekolah binaan, di berbagai daerah. Bukti nyata semangat mereka, ditunjukkan dengan banyak guru, siswa dan sekolah binaan meraih prestasi yang membanggakan, baik di tataran wilayah kecamatan, kabupaten, provinsi maupun di tingkat nasional untuk bidang akademik, non akademik dan penghargaan sekolah adiwiyata.

"Capaian prestasi ini menunjukkan keseriusan dalam menjadi bagian untuk mewujudkan ‘Pride of The Nation’,” terangnya lagi. Tak hanya di bidang pendidikan, YPA-MDR juga menjalankan program gerakan Penghijauan Indonesia pada 7-26 Januari 2021.

Baca Juga: Anak Perusahaan Astra Otoparts Luncurkan Masker Pencegah Virus

Program penanaman 8.443 pohon pohon ini, melibatkan sekolah binaan, mitra dan seluruh masyarakat. dengan gerakan menanam pohon ini, Yayasan Pendidikan Astra mengajak semua pihak menjaga kesehatan diri dan bumi. Caranya dengan menambah jumlah pohon penghasil oksigen di lingkungan sekitar kita.