POPULAR STORIES

Yuk Intip Prodrive Hunter, Tunggangan Sebastien Loeb Di Dakar 2023

Yuk Intip Prodrive Hunter, Tunggangan Sebastien Loeb di Dakar 2023 Dok : @sebloebofficiel

KabarOto.com - Sebastien Loeb dan Fabien Lurquin baru saja meraih kemenangan Stage 10 di Dakar 2023 bersama tim Bahrain Raid Xtreme (BRX). Juara 9 kali WRC itu menggunakan mobil andalan mereka yakni Prodrive Hunter. Mereka bersaing di kelas T1+: Prototype Cross-Country Cars 4x4.

Penasaran seperti apa spesifikasi mobilnya? Yuk kita bahas.

Mobil ini dibangun dari sasis berbahan baja tubular yang sangat kuat. Lalu bagian bodi menggunakan bahan karbon sehingga lebih kuat dan juga ringan, serta beberapa material daur ulang.

Baca Juga : Truk Tatra Phoenix Penakluk Reli Dakar 2023 Berbahan Bakar Biodiesel HVO

Desain bodinya memang unik, namun setiap lekukan sudah diperhitungkan agar mobil lebih dinamis. Serta posisi intake disesuaikan untuk menyuplai udara lebih berlimpah ke ruang mesin.

Lalu soal kaki-kaki menjadi konsentrasi utama, menggunakan pelek forged yang jauh lebih kuat dengan ukuran 17 inci dan lebar 8.5J, dibalut ban off-road ukuran 35/12.5 R17.

Sementara dibalik pelek, ada sistem pengereman yang sudah menggunakan rem kaliper 6 piston di depan dan belakang single piston. Suspensi menggunakan model double wishbone, dan dua suspensi yang bisa disesuaikan per rodanya.

Soal mesin, mobil ini menggunakan mesin V6 turbo ganda berkapasitas 3.500 cc, sistem dry sump, dan single throttle. Tenaganya diperkirakan sekitar 600 dk dan torsi maksimalnya 700 Nm.

Baca Juga : Profil Husqvarna FR 450 Yang Berlaga Di Reli Dakar 2023

Tenaga ini disalurkan ke penggerak AWD berikut differential depan dan belakang, melalui transmisi 6 percepatan manual sequential yang bisa diatur melalui paddle shift. Kombinasi tersebut membuat akselerasi 0-100 kpj kurang dari 4 detik dan kecepatan maksimal 300 kpj.

Mengintip bagian interior, jangan harap ada kemewahan walau harganya sangat mahal. Semua didesain untuk performa dan kepraktisan, jok menggunakan model bucket seat karbon agar lebih ringan. Mobil ini dikeliling roll cage 6 titik berstandar FIA demi melindungi pengemudi dan navigator jika terjadi kecelakaan. Serta 2 buah pemadam kebakaran sebagai tambahan penyelamat.

Soal harga, banderol mobil ini fantastis yakni 1,25 juta Euro atau setara Rp 20,750 miliar.