POPULAR STORIES

Yuk Intip Puberty Daihatsu Xenia Entry Level, Lebih Dari #10yearschallange

Yuk Intip Puberty Daihatsu Xenia Entry Level, Lebih dari #10yearschallange Daihatsu Grand New Xenia (Foto: Bimo)

KabarOto.com - Media sosial sedang heboh dengan tagar 10yearschallange nih, siapa yang sudah ikutan? Pecinta otomotif juga sedang heboh-hebohnya dengan keluaran terbaru dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Si kembar ini launching pada hari yang sama loh. Nah, kali ini Kabaroto ingin mengulas dan membandingkan "puberty" dari Daihatsu Xenia.

Sebenarnya, Xenia yang pertama kali bukan diluncurkan pada 2009, tetapi akhir 2003. Hanya saja, fakta membuktikan Xenia merupakan kendaraan yang paling laris nomor dua setelah Avanza pada tahun 2009. Selama tahun itu Daihatsu berhasil menjual lebih dari 40.000 unit. Wow!

Baca Juga: Daihatsu Resmi Perkenalkan Grand New Xenia

Kalau posting foto lama, yang paling terlihat perbedaannya adalah visual dong, dibandingkan dengan sekarang. Nah, pembahasan Xenia juga dari visual atau desainnya dulu ya.

xenia

Xenia generasi pertama hadir dengan tiga tipe, yaitu Mi, Li dan Xi. Dari bentuk bodinya tidak terlalu berbeda antara ketiganya, masih terkesan mirip mobil kijang yang cembung.

Pada bagian depannya, grilnya terlihat sangat berbeda dulu dan sekarang. Xenia generasi pertama sangat klasik dengan gril melengkung dilapisi krom yang diapit headlamp. Balik lagi ke bagian gril, Grand New Xenia terlihat lebih modern karena tidak lagi dilapisi krom tapi berwarna hitam, dan ukurannya lebih besar memenuhi bagian depan.

xenia

Oh ya, Xenia terbaru sudah dilengkapi dengan lampu LED loh, kekinian banget ya. Bentuk headlamp juga berubah total. Dulu masih dengan lampu cembungnya, sekarang lampunya terlihat lebih tipis yang dipisah menjadi dua, atas untuk lampu jauh maupun dekat, dan bawah untuk sein dan DRL.

Sampai bagian belakangnya pun Xenia generasi pertama masih berbodi cembung. Sedangkan Grand New Xenia sudah lebih modern dengan lekukan yang lebih tegas dan berani.

xenia

Lampu belakangnya juga banyak berubah, jika dulu lampu rem dan sein diletakkan dalam satu baris, kini ada bagian lampu yang mengisi bagian bagasi mobil. Bahkan, lampu yang sekarang terkesan mirip sirip ikan hiu. Berbicara soal lampu, kedua generasi ini sudah dilengkapi dengan fog lamp.

Hal kecil tapi selalu terlihat, yap! Handle door. Pada Grand New Xenia, handle door juga mengalami perubahan mengikuti jaman yang menggunakan gagang, bukan lagi seperti mobil lama yang cara bukanya ditarik keatas.

Spion untuk generasi pertama masih manual untuk Mi, sedangkan Xenia 2019 sudah elektrik ditambah lampu sein yang ikut nangkring.

xenia

Untuk bagian ban, Xenia generasi pertama dengan tipe terendah yaitu Mi, masih menggunakan velg kaleng dengan dop. Sedangkan Xenia 2019 sudah menggunakan alloy 14 inci.

Pindah pada bagian interior yang menyimpan banyak fitur, jelas generasi pertama jauh tertinggal daripada Grand New Xenia. Pasalnya Xenia 2019 ini sudah menyematkan mirroring yang memudahkan untuk menyambungkan gadget ke layar mobil. Sayangnya sampai sekarang masih belum ada layar sentuhnya nih. Tapi, keduanya masih memiliki kapasitas yang sama yaitu 7 penumpang.

Untuk kenyamanan menyetir, Xenia generasi pertama di tipe yang paling rendah belum menggunakan power steering, pegel ya. Sejak generasi setelahnya sudah diubah menggunakan power steering hingga sekarang. Lainnya lagi, Grand New Xenia sudah menggunakan odometer digital loh.

xenia

Pindah pada bagian permesinan, Xenia generasi pertama memiliki dua jenis kapasitas. Untuk tipe Mi dan Li hanya memiliki 1.000 cc dengan mesin 3 silinder. Perbedaan hanya di power steering, karena tipe Li sudah dilengkapi dengan power steering. Sedangkan Xi kapasitasnya 1.300 cc yang memiliki dua jenis transmisi, yaitu manual dan matic.

Sedangkan Grand New Xenia memiliki dua jenis kapasitas, yaitu 1.300 cc dan 1.500 cc dengan mesin 4 silinder. Tenaga yang dikeluarkan sebesar 96 hp dan torsi 121 Nm. Xenia terbaru ini menggunakan transmisi manual dengan 5-percepatan.

Baca Juga: Meski Baru Meluncur, Harga Xenia Baru Tidak Berubah

Dari segi harga, Xenia generasi pertama pada jamannya dibanderol dengan harga dibawah Rp 100 juta. Sedangkan sekarang, untuk tipe 1.3X memilik kisaran harga Rp 183.350.000.