POPULAR STORIES

Ini Komponen Yang Akan Rusak Jika Mobil Lama Tidak Digunakan

Ini Komponen Yang Akan Rusak Jika Mobil Lama Tidak Digunakan Mobil yang lama tidak digunakan bisa mengakibatkan kerusakan beberapa komponen. (foto: istimewa)

Saat ini banyak pemilik mobil di berbagai daerah yang jarang menggunakan mobilnya, karena yang pertama adalah mereka punya lebih dari satu mobil. Dan yang kedua adalah karena untuk aktifitas sehari-harinya menggnakan motor agar tidak terkena macet di jalan.

Namun ada baiknya bagi pemilik mobil yang jarang digunakan perhatikan hal berikut ini:

Ban mobil jadi cepat rusak. Ban mobil yang tidak digunakan akan mengempis dan membuat ban mobil cepat rusak. Ini yang banyak disepelekan oleh pemilik mobil yang jarang menggunakan kendaraannya. Jika tidak ingin me ggunakan mobil dalam waktu yang lama sebaiknya gunakan alat penoang atau penyangga, tapi jangan menggunakan dongkrak, karena akan membuat dongkrak itu menjadi rusak.

Wiper bisa Mudah Rusak. Wiper yang tidak terpakai atau tidak digunakan bisa membuat karet wiper mobil anda menjadi keras. Anda bisa akali dengan mengganjal wiper dengan busa agar tidak menempel langsung pada kaca mobil.

Aki Akan Mengalami Kerusakan. Kerusakan pada aki akan terjadi jika tidak menggunakanmobil dlam waktu lama namun aki masih tersambung. Untuk menghindari hal tersebut lepaskan sambungan aki tersebut agar tetap awet meskipun tidak digunakan untuk waktu yang lama. Tetapi jangan lupa untuk tetap merawatnya meskipun mobil jarang digunakan. Salah satu tips merawatnya adalah dengan rajin-rajin memanasi mesin mobil anda sekitar 10 sampai 15 menit di pagi hari.

Rem Mengalami Kerusakan. Kerusakan pada rem ini bisa terjadi jika tidak menggunakan mobil dalam waktu lama tetapi kondisi rem tangan aktif. Rem tangan yang masih aktif ketika dibiarkan terlalu lama akan membuat minyak dengan piringan rem lengket. Hal itulah yang akan membuat rem anda mengalami kerusakan. Oleh karena itu jangan membiarkan mobil anda dalam keadaan rem tangan aktif jika akan ditinggalkan atau tidak digunakan.

Baca Juga:

Berita Terkait

Berita Terkait