POPULAR STORIES

Jangan Tertipu Dengan Tukang Tambal Ban Motor, Perhatikan Cara Tambalnya

Jangan Tertipu dengan Tukang Tambal Ban Motor, Perhatikan Cara Tambalnya Ridho tukang tambal ban yang sedang mengerjakan tugasnya. (Foto: KabarOto/Bobby Putra Wibawa)

Bro and Sist sebaiknya Anda harus teliti pada tukang tambal ban motor Anda. Jangan tinggalkan roda dua tersebut dan menyerahkannya ke tukang penambal ban. Jangan-jangan dikerjai ban Anda. 

Mungkin tambal ban adalah hal yang sepele. Tetapi fungsinya sangat fatal di jalan raya. Ban bocor, kendaraan oleng. Karena itulah perhatikan dan seleksi di dalam memilih tukang tambal ban motor.

Ditemui oleh KabarOto.com tukang tambal ban dibilangan Pamulang Tangerang Selatan yang mengatakan, bahwa konsumen harus memerhatikan cara dan trik tambal ban yang baik dan benar itu.

"Perhatikan alat yang dipergunakan oleh tukang tambal ban tersebut. Tukang tambal ban akan menggunakan alat congkelan atau aspak dan lem tiptop untuk menambal ban," ujar Ridho, Rona Jaya Motor Tambal Ban.

Selanjutnya, tidak ada salahnya bila Bro and Sist melirik alat press yang digunakan si tukang penambal ban itu. Tambalan baik atau tidaknya tergantung dari alat press dan cara pengolahannya. Ia mengatakan selain dari sisi alat press, panas temperatur juga menentukan kuat atau tidaknya bahan yang akan ditambal itu.

"Saya juga sebagai tukang tambal ban harus memerhatikan panasnya temperatur yang dibakar dengan spiritus pada saat mengepres tambalan tiptop. Yang perlu diketahui, setiap merek ban mempunyai karakter yang berbeda daya tahan bakarnya," ujar Ridho.

Sehingga dengan alat press dan lem serta bahan bakar untuk menambal bisa memperoleh hasil yang baik. Nantinya hasilnya harus kuat dan padat. lalu, bagaimana melihat hasil yang kuat dan padat di tambalan tersebut?

"Mudah saja, di test dengan mencongkel pakai kuku pada ban motor tambalan yang baru ditambal itu. Akan terlihat bila tambalan baik tidak akan terkelupas tambalannya. Nah seterusnya si tukang tambal ban nantinya akan melakukan mengetok-ngetok ban luar motor. Tujuannya apabila ada paku yang masih menancap dan adanya kotoran dapat diambil. Jika sisa paku atau pun kotoran yang masih tersisa tersebut tidak diambil akan membaretkan ban dalam yang sudah ditambal tersebut. Akan bocor kembali," terang Ridho.

Kemudian, Bro and Sist bisa memerhatikan cara pemasangan ban yang baik. Perhatikan cara menyetel ban ke dalam rangka kendraan motor. Si tukang tambal ban tersebut akan kencangkan pemasangan bautnya sama setelan rantai. (bpw)

Baca Juga:

Berita Terkait

Berita Terkait