POPULAR STORIES

Ini Sebab Sokbreker Motor Matik Suka Jeduk

Ini Sebab Sokbreker Motor Matik Suka Jeduk Tips mengakali shokbreker yang sering mentok (kabarOto)

KabarOto.com - Motor matik saat ini menjadi pilihan banyak pengguna roda dua, dengan fitur-fitur dan kemudahan penggunaannya.

Makanya, terkadang pengendara mengabaikan beban yang mampu ditopang oleh kendaraan matik, yang akhirnya membuat sokbreker bagian depan sering mengalami jeduk atau mentok saat melintas jalan bergelombang.

Baca Juga: Ganti Flasher Aftermarket, Bikin Touring Lebih Aman

Ini disebabkan penggunanya sering memanfaatkan bagian pijakan kaki yang datar, untuk menaruh berbagai barang bawaan, yang akhirnya motor tersebut kelebihan beban atau overload.

Efeknya pasti memengaruhi kerja suspensi depan, khususnya sokbreker yang mentok pada bagian sepatbor.

Hal ini terjadi karena efek pegas spiral sokbreker tertekan beban statis berlebih, yang membuat gaya rebound-nya habis tanpa tersisa karena travel sok depan skutik yang rata-rata pendek.

"Hampir kebanyakan skutik memilik panjang travel berkisar 3 hingga 5 cm saja," kata Wansko, dari bengkel Dwayne Racing di bilangan Cileduk kepada KabarOto, Rabu 14/2/2018.

"Solusinya, cukup ganti pegas spiral sok dengan yang lebih kenyal, bisa mengaplikasikan dengan yang digunakan motor matik yang pakai double sok macam Nouvo dan Sky Wave," tambahnya.

Berbeda dengan Wansko, Ryan dari rumah bengkel RMS, yang juga masih di bilangan Cileduk punya solusi lainnya.

"Kalau saya biasanya lihat dulu keadaan per-nya. Bila memungkinkan, per diganjal dengan baut tap oli yang digunakan pada mesin Grand di bagian ujung atas pegas spiral. Tapi sebelumnya cermati diameter tabung sokbrekernya dulu," ungkap Ryan.