POPULAR STORIES

Tommi Mäkinen : Proyek WRC Toyota Gazoo Ngebut Di Awal September

Tommi Mäkinen : Proyek WRC Toyota Gazoo Ngebut di Awal September Tommi Mäkinen (foto: wrc.com)

Sudah sebulan setelah Tommi Mäkinen dipercaya untuk mengasuh tim WRC Toyota untuk musim 2017 dan saat ini proses re-organisasi dan riset kendaraan masih berlangsung secara simultan. Pada wawancara dengan situs wrc.com, mantan juara dunia reli tersebut menyebutkan bahwa proyek WRC Toyota Gazoo akan dikebut pada awal bulan September setelah mendapatkan beberapa personel kunci untuk operasional tim.

Ditanya mengenai beberapa personel kunci tersebut, Tommi Mäkinen menyebutkan bahwa mantan teknisi Subaru World Rally Team, Michael Zotos telah bergabung bersamanya dan personel lain termasuk kandidat pereli akan diumumkan di lain kesempatan. "Personel lainnya akan diumumkan kemudian, sedangkan untuk pereli saya ingin orang yang tercepat! Saya ingin melihat juara yang akan mengemudikan mobil kami. Saya paham dengan area ini sangat baik karena saya telah terlibat diluar dan di dalam WRC sendiri. Tapi saya paham bahwa seluruh hal tersebut membutuhkan kerjasama tim yang baik sebagai sebuah paket utuh. Ya, pengemudinya harus sangat kencang, tetapi semuanya juga harus sama kencang termasuk kru tim dan mobilnya." Tambahnya.

Mäkinen juga menambahkan bahwa basis tim reli yang baru ini juga masih belum diputuskan dan masih dibicarakan dengan Toyota namun fokus terhadap desain mobil baru akan bertempat di Puuppola dekat dengan Jyväskylä di Finlandia bagian tengah. Sedangkan untuk pengembangan mobil sendiri dilaksanakan atas kerjasama Toyota Motorsport GmbH. (TMG) di Jerman dan perusahannya sendiri, TMR (Tommi Mäkinen Racing). TMG saat ini sedang membangun mesin dan komponen aerodinamika mobil yang baru agar sesuai dengan regulasi WRC 2017 dan menargetkan batas akhir penyelesaian mobil pada bulan Oktober 2016 sebelum proses homologasi FIA dimulai.

Mengenai Yaris WRC, Mäkinen berkomentar: "Yaris yang sekarang kami gunakan masih menggunakan spesifikasi untuk tahun 2015, sedangkan regulasi reli 2017 memiliki perbedaan yang cukup banyak dengan mesin yang lebih bertenaga, regulasi aerodinamika baru, jarak pijak roda yang lebih lebar dan lain-lain. Tapi apapun itu kami harus memenuhi regulasi tersebut. Kami juga membahas mengenai komponen apa yang bisa digunakan untuk membuat pengembangan mobil baru nanti lebih cepat dan mulus."

Baca juga: