1GSC Gelar Silaturahmi Sambil 'Siksa' KIA Sportage Gen 1 Di Jalur Off-road Depes

1GSC Gelar Silaturahmi Sambil 'Siksa' KIA Sportage Gen 1 di Jalur Off-road Depes KIA Sportsge Gen 1 lahap Jalur Off-road Depes (1GSC/Oki Budhi Priambodo)

KabarOto.com - Track off-road Desa Pelangi Sentul (Depes) Bogor, Minggu (17/7) pagi dipadati sejumlah KIA Sportage Generasi 1.

Para pecinta off-road yang tergabung dalam komunitas 1 Gen Sportage Community (1GSC) itu mencicipi track-track buatan di sana. Track dengan karakter berlumpur disikat tanpa kendala berarti.

"Track 1 (karakternya) light tapi lumayan bikin ngesot-ngesot juga," kata Oki Budhi Priambodo salah satu anggota 1GSC yang ikut dalam off-road tersebut.

Kegiatan off-road kali ini sejatinya merupakan ajang silaturahmi anggota 1GSC. "Kami silaturahmi sekaligus happy-happy main lumpur," tutur Muklis Pamuji yang juga anggota 1GSC.

Baca Juga : Kia Jalin Kemitraan Dengan Electrify America Untuk Pengisian Daya Mobil Listrik

Ada 20an anggota 1GSC yang datang ke kegiatan ini bersama keluarga. Selain jalur off road, tempat wisata Depes juga dilengkapi fasilitas camping ground, villa dan tempat pemancingan. Jadi, antar keluarga 1GSC bisa berwisata dan saling becengkerama.

Sekitar sembilan mobil Sportage Gen 1 akhirnya memutuskan turun "garuk-garuk" lumpur di jalur track off-road Depes.

Dengan spesifikasi standar yang dimiliki Sportage Gen 1, sejatinya tidak perlu persiapan khusus untuk turun di track Depes. Mengusung mesin 2.000cc dengan penggerak roda 4x4 dan transmisi automatic dan manual, mobil pabrikan asal Korea Selatan ini sudah mumpuni untuk off-road.

Kekuatan mobil ini juga cukup legendaris karena diakhir 90an sampai awal 2000an banyak dipakai sebagai kendaraan dinas TNI-Polri. Jika ingin turun ke track Depes, minimal menggunakan ban MT, dan 4x4 dalam konsidi berfungsi.

Bahkan beberapa Sportage Gen 1 yang turun off-road di Depes tak terpasang winch.

"Jangan khawatir, banyak yang siap bantu evakuasi atau nge-winch kalau ada yang terjebak di lumpur. Yang penting kami bersenang-senang," tutur Muklis.

Baca juga: Kia Carens Terbaru Hadir Di JAW 2022, Ini Spesifikasinya

Menariknya, sejumlah member 1GSC menjadikan ajang main lumpur ini untuk "menyiksa" mobilnya. Mobil "disiksa" agar tahu dimana titik lemahnya. Memudahkan pemiliknya mengetahui bagian mana yang harus mendapat perhatian khusus dan segara diperbaiki.

"Saya sengaja ikut off-road ini karena saya baru beli unit. Saya cemplungin saja sekalian biar tahu apa saja yang sudah lemah atau rusak dan harus segera saya bereskan," kata Bayu.

Benar saja, saat berusaha melewati tanjakan lumpur yang cukup curam di track 1, mobil Bayu sempat mengalami overheat. Salah satu penyebabnya dari radiator sudah lemah.

Tapi setelah menunggu dingin sejenak, dan radiator diisi air, mobil Bayu kembali lincah menghajar semua track. "

"Mobil ini tergolong tangguh dan jarang rewel. Kaki-kaki orisinilnya mumpuni untuk off road tapi suspensinya nyaman. Matic lagi. Spare partnya juga banyak," tambah Muklis yang juga merupakan Kepala Bengkel KIA Kebayoran Lama.

Selain kemampuannya, yang membuat Sportage Gen 1 menarik adalah jumlah unit yang masuk ke Indonesia secara resmi melalui agen pemegang merek (APM) PT KIA Motor Indonesia (KMI) tergolong sedikit. Hanya sekitar 900 unit. Inilah yang membuat Sportage Gen 1 kian langka dan dicari.

Baca Juga : Tiga Varian Kia EV6 Mendarat Di Australia, Harga Mulai Rp702 Jutaan

Ketangguhan Sportage Gen 1 di jalur off-road Depes juga sempat mendapat perhatian dari komunitas lain.

Dimana berbagai obstacle di Depes bisa dilahap mobil asal Negeri Gingseng bertampang kalem ini.

"Lho (ternyata) Sportage yang ini ada 4x4 ya. Keren," tutur salah satu pecinta off-road dari komunitas lain yang juga turun di track Depes. (*)