POPULAR STORIES

2.500 Km Jalan Tol Dioperasikan Selama Mudik Lebaran Tahun 2022

2.500 Km Jalan Tol Dioperasikan Selama Mudik Lebaran Tahun 2022 Persiapan kendaraan sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran (Foto: KabarOto.com)

KabarOto.com - Pemerintah Indonesia memberikan izin kepada masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun 2022. Untuk mendukung kegiatan ini, Pemerintah telah mempersiapkan segala fasilitas pendukung.

Kepala Badan Pengelolaan Jalan Tol, Danang Parikesit menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan sepanjang 2.500 km jalan tol yang akan dioperasikan selama periode mudik lebaran tahun ini. Pihaknya memastikan, mulai H-10 masa mudik, tidak ada jalan tol yang berlubang dan konstruksi di jalan tol yang dapat mengganggu mobilitas masyarakat.

Baca juga: Tips Berkendara Saat Berpuasa, Jangan Gampang Emosi

"Kami juga pesan agar memastikan untuk menjaga kondisi kendaraan dengan baik, kondisi kesehatan diri yang fit. Kami juga bahas untuk tidak memfungsikan gate Palimanan sehingga tidak ada antrian di sana," ucap Danang.

Ilustrasi jalan tol berlubang

Berdasarkan hasil survey Balitbanghub, telah mengidentifikasi sejumlah daerah yang paling krusial di masa mudik tahun ini, yakni daerah asal terbanyak dari Jawa Timur 14,6 juta orang, Jabodetabek 14,3 juta dan Jawa Tengah 12,1 juta.

Baca juga: Volkswagen Tawarkan Promo Menarik Khusus Bulan Ramadan

Untuk daerah tujuan terbanyak ke daerah Jawa Tengah 23,5 juta, Jawa Timur 16,8 juta dan Jawa Barat 14,7 juta. Untuk arus puncak diprediksi terjadi pada 29-30 April 2022, sementara arus balik terjadi pada 8 Mei 2022.

Dalam rangka mengoptimalkan pergerakan arus lalu lintas saat Idul Fitri 1443 H, juga akan dilakukan pengaturan operasional angkutan barang Pada Masa Arus Mudik dan Arus Balik Selama Angkutan Lebaran Tahun 2022. Sejumlah petugas juga disiapkan di pos-pos pelayanan yang ada di daerah rawan kemacetan (termasuk kawasan wisata), rawan kecelakaan, dan juga rawan gempa dan banjir sebagainya.