2 Merek Mobil Ini Rasakan Dampak PPnBM 0 Persen

2 Merek Mobil Ini Rasakan Dampak PPnBM 0 Persen

KabarOto.com - Dua merek mobil ini merasakan dampak PPnBM 0 persen yang diberikan Pemerintah untuk industri otomotif. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) dan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), juga turut merasakan dampak kenaikkan penjualan mobil.

Ada dua produk MMKSI yang mendapatkan Insentif PPnBM, yaitu Xpander dan Xpander Cross. Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI mengatakan, jumlah SPK minggu pertama Maret 2021 terjadi peningkatan yang cukup signifikan untuk Xpander.

"Angka ini meningkat dibanding periode yang sama Februari 2021,” terang Irwan. Meski begitu, dia tidak menjelaskan detail berapa persen kenaikkannya.

Baca Juga: Ini Sebabnya Suzuki APV, Karimun Dan Carry Tidak Dapat PPnBM

Kemudian SIS, yang mengklaim empat hari diberlakukannya PPnBM 0%, permintaan mobil Suzuki naik 100% dibanding periode yang sama bulan Februari 2021. "Sejauh ini dari data yang kami pantau, permintaan mobil Suzuki naik 100%," terang Donny Ismi Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Pria berkacamata ini mengatakan, Suzuki memiliki dua model Suzuki Ertiga dan Suzuki XL7. "Kami memperkirakan kenaikan penjualan untuk kedua model itu sekitar 20%," tambah dia. Namun, menurut dia bisa saja berkembang terus sampai akhir tahun.

Sementara itu, Kementerian Perindustrian optimistis, pelaksanaan kebijakan ini dapat berjalan baik, tepat sasaran, dan menguntungkan baik konsumen maupun sektor industri. Sejak relaksasi diberikan pada awal bulan Maret ini, terlihat lonjakan penjualan mobil yang siginifikan.

Baca Juga: Efek PPnBM 0 Persen, Tukar Tambah Mobil Bekas Meningkat

Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri mengatakan, pihaknya mendukung agar industri otomotif serta para distributor kendaraan dapat melakukan fungsi imbauan, controlling, serta supervisi kepada diler. Tujuannya, agar penurunan harga kendaraan dapat sesuai dengan harapan dan memenuhi permintaan konsumen sebaik mungkin.