2 Mobil Listrik BMW Akan Resmi Meluncur November 2021

2 Mobil Listrik BMW akan Resmi Meluncur November 2021

KabarOto.com - BMW sudah sangat siap memeriahkan persaingan di mobil listrik. Sebab beberapa bulan ke depan, tepatnya November 2021, produsen asal Jerman ini akan melansir dua mobil listrik BMW iX dan BMW i4.

Diyakini sebagai bagian transformasi BMW Group yang sedianya untuk global share mencapai 50% di penjualan mobil listrik pada tahun 2030.

Tapi tak seperti mobil listrik sebelumnya yang disuguhkan oleh BMW. Kali ini benar-benar membuat pengendaranya menikmati mobil racikan Bavarian, kedinamisan berkendara. Namun pengalaman berkendara baru adalah tanpa suara bising dan emisi gas buang.

BMW i4 sekali setrum bisa tempuh 590 km



Di kedua mobil tersebut iX dan i4, jarak tempuh menjadi hal utama. Sehingga pengguna tak perlu repot sering ke tempat pengisian ulang baterai. Adapun untuk i4 M50 yang merupakan ubahan BMW M gmbH punya jarak tempuh hingga 510 km. Sedangkan untuk i4 eDrive40 berpenggerak roda belakang bisa menempuh 590 km.

Sedangkan untuk iX mengemas konsep Sports Activity Vehicle (SAV) yang murni menggunakan baterai listrik. Diyakini untuk iX disuguhkan teknologi sel baterai terbaru di iX xDrive50 yang bisa menempuh 630 km dan untuk iX xDrive40 berjarak tempuh 425 km.

Kabarnya sudah disiapkan pula BMW iX M60 yang punya tenaga hingga 600 dk, benar-benar menjanjikan pengalaman bertenaga listrik.

Konstruksi BMW iX



Keunggulan BMW iX adalah konstruksi spaceframe aluminium dan Carbon Cage memakai Carbon Fibre-reinforced Plastic (CFRP). Dipakai di atap dan bagian sisi serta samping, tentunya berdampak ke semakin kokoh serta meminimalisir bobot.

Tongkrongan iX juga keren, berkat pelek 21 dan 22 inci Air Performace Wheel. Bisa dipadukan dengan ban minim suara, punya lapisan bisa di bagian dalam sehingga bisa meredam suara.

Perihal pengisian baterai BMW iX ini gunakan Combined Charging Unit (CCU) bisa meladeni setrum hingga 200 kW (BMW iX xDrive50) atau 150 kW (BMW iX xDrive40). Memungkinkan baterai hanya perlukan waktu 35 menit - 31 menit saja.

BMW iX cukup 10 menit bisa tempuh 150 km



Bila tergesa-gesa, hanya sepuluh menit pengisian di BMW iX xDrive50 bisa menempuh 150 km dan BMW iX xDrive40 bisa menempuh 95 km.

Oh iya, BMW Group Plant Dingolfing akan menjadi lokasi pembuatan BMW iX. Pasokan baterai BMW Group akan dikirim oleh sumber lithium dan cobalt dari Australia dan Morocco.

Material daur ulang akan digunakan di mobil listrik buatan BMW. Mulai dari serpihan aluminium dan juga plastik bekas, sehingga bisa digunakan ulang serta produksi lebih efisien. Jaring nelayan bekas akan digunakan pula sebagai penutup lantai dan juga karpet.