POPULAR STORIES

2 Mobil Toyota Yaris Kuasai Podium WRC Akropolis 2021

2 Mobil Toyota Yaris Kuasai Podium WRC Akropolis 2021

KabarOto.com - Dua mobil Toyota Yaris WRC (Toyota Gazoo Racing World Rally Team) kuasai podium di Reli Akropolis, Yunani, (12/9). Kalle Rovanperä/Jonne Halttunen meraih kemenangan, sedangkan Sébastien Ogier/Julien Ingrassia di posisi tiga.

Kalle mampu menunjukkan DNA sejati pembalap Finlandia, sebab ternyata ayahnya adalah legenda reli Harri Rovanperä yang berkarir di manufaktur SEAT, Peugeot, Mitsubishi dan Red Bull Škoda Team sejak tahun 1993 hingga 2006.

Baca juga:Mau Beli Toyota GR Yaris? Simak Ini Dulu

Presiden dan CEO Toyota Akio Toyoda yang juga pendiri tim balap Toyota Gazoo Racing mengapresiasi kemenangan Kalle dan Jonne setelah unggul sejak SS3 di reli Akropolis.

Kemenangan pertama Kalle di Estonia mampu torehkan sejarah sebagai pemenang WRC termuda setelah Jari-Matti, dan juga juga mengamankan podium ketiga di reli Ypres, kini dia memenangkan balapan di Yunani.

"Saya senang kini dirinya menjadi pereli yang andal. Bahkan Kalle telah melewati catatan ayahnya dengan menang WRC dua kali," Selamat!" ujar Toyoda.

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada tim yang telah bekerja maksimal di masa pandemi Covid-19. Karena beberapa ahli mesin tetap di Finalndia dan melakukan penyempurnaan, dan mendukung tim dari jarak jauh.

"Saat reli ini, data yang diolah para ahli mesin di Finlandia menemukan masalah di mobil Kalle di awal Stage. Respon dari teknisi cekatan dan bisa langsung segera ditangani," ulasnya.

Team Principal Jari-Matti Latvala mengakui bahwa kemenangan kali ini tidak disangka. Dirinya senang dengan performa yang diberikan pereli sejak awal balapan.

"Terutama Kalle yang menunjukkan kecepatan luar biasa dan bangga melihat dirinya begitu tenang dan matang sepanjang pekan," ujar Jari-Matti Latvala. "Sebastien juga menunjukkan performa luar biasa, berkendara seperti Juara Dunia dan bisa menambah poin untuk dirinya di kejuaraan dan juga tim."



Dirinya menyayangkan Elfyn Evans/Scott Martin bernomor 33 ada kendala sejak awal Stage. "Namun akhirnya bisa segera menunjukkan performa bagus termasuk di Power Stage, hal ini membuat saya bangga kepada para pereli."

Sementara itu Kalle yang mengendarai Yaris WRC mengakui perasaan luar biasa menang di Yunani. Meskipun dirinya memastikan bahwa jalannya reli tak semudah dibayangkan, menghadapi 15 stage.

"Saya sudah merasakan mantap pada hari Jumat mengawali kompetisi, dan melakukan beberapa penyesuaian di mobil karena stage hari Sabtu sangat berbeda, dan merasakan lebih mantap menggebernya," beber Kalle.

Baca juga: Dipasarkan di Indonesia, Harga Toyota GR Yaris Tak Sampai Rp1 Miliar?

Sementara itu Ogier dengan Yaris WRC bernomor 1 senang dengan hasil reli kali ini. "Karena targetnya adalah bisa tetap memimpin di klasemen Juara Dunia WRC."



Setelah sembilan seri dilalui, Ogier telah kantongi 180 poin, diikuti oleh Elfyn di posisi dua dengan 136 poin. Posisi ketiga ada Thierry Neuville/Martijn Wydaeghe (Hyundai i20 Coupe WRC) dengan 130 poin. Posisi empat, menempel tipis Kalle dengan 129 poin.

Hasil WRC Acropolis 2021:
1. Kalle Rovanperä/Jonne Halttunen (Toyota Yaris WRC) 3jam 28menit 24,6 detik
2 Ott Tänak/Martin Järveoja (Hyundai i20 Coupe WRC) +42,1 detik
3 Sébastien Ogier/Julien Ingrassia (Toyota Yaris WRC) +1m11,3 detik
4 Dani Sordo/Cándido Carrera (Hyundai i20 Coupe WRC) +3m01,0 detik
5 Gus Greensmith/Chris Patterson (Ford Fiesta WRC) +5m45,0 detik
6 Elfyn Evans/Scott Martin (Toyota Yaris WRC) +6m42.7 detik
7 Adrien Fourmaux/Renaud Jamoul (Ford Fiesta WRC) +6m54,4 detik
8 Thierry Neuville/Martijn Wydaeghe (Hyundai i20 Coupe WRC) +8m41,1 detik
9 Andreas Mikkelsen/Elliott Edmondson (Škoda Fabia Rally2 evo) +9m02,5 detik
10 Marco Bulacia/Marcelo Der Ohannesian (Škoda Fabia Rally2 evo) +9m19,2 detik