POPULAR STORIES

20 Tahun Pabrik Honda Di Indonesia, Bertekad Penuhi Permintaan Domestik Dan Ekspor

20 Tahun Pabrik Honda di Indonesia, Bertekad Penuhi Permintaan Domestik dan Ekspor Perayaan 20 tahun pabrik Honda di Indonesia (Foto: Honda)

KabarOto.com - PT Honda Prospect Motor menggelar seremoni peringatan 20 tahun beroperasinya pabrik Honda di Indonesia, tepatnya di Karawang, Jawa Barat. Honda menegaskan komitmen untuk mendukung pertumbuhan industri otomotif di Indonesia, sekaligus memperkenalkan produk terbarunya yang akan dikirimkan untuk memenuhi permintaan pasar ekspor.

Beroperasi mulai Februari 2003, pabrik Honda memiliki luas bangunan 80.324 m2 dan kapasitas maksimal produksi hingga 80.000 unit per tahun. Pabrik kedua Honda dibangun tahun 2012 dan diresmikan pada bulan Januari 2014 dengan total luas bangunan sebesar 145.760 m2 serta kapasitas maksimal produksi hingga 120.000 unit per tahun.

Baca Juga: Honda CR-V Hybrid Racer, Siap Adu Cepat

Honda juga membangun Pabrik Conrod yang sudah beroperasi pada Desember 2022 yang lalu. Selain itu, Honda memiliki Pabrik Stamping yang mulai beroperasi pada Mei 2016. Pabrik ini memproduksi panel samping, atap, lantai dan sebagainya, didukung sistem canggih seperti Automatic Continuous Process dan sistem Robotic.

Honda WR-V diproduksi di Indonesia

“Pasar Indonesia sangat penting untuk bisnis Honda secara regional dan global dimana HPM merupakan pasar terbesar di kawasan ASEAN dan juga Asia Oceania," ujar Hiroshi Tokutake, Executive Vice President Asian Honda Motor Co., Ltd.

Sementara itu, Kotaro Shimizu, President Director PT HPM berharap pabrik dan ekspor produk Honda tidak hanya memenuhi visi HPM. "Tetapi juga terus memberikan kontribusi positif bagi perekonomian dan masyarakat Indonesia," jelas Kotaro Shimizu.

Baca Juga: Honda Jazz Facelift Meluncur Di Singapura, Harga Tembus Rp1 Miliar

Pada tahun 2017, Honda mengadakan seremonial dalam rangka pencapaian 1 Juta unit produksi di Pabrik Karawang, Jawa Barat, 27 Februari 2017. Hingga saat ini, pabrik PT HPM telah memproduksi lebih dari 1,7 juta unit, di mana memproduksi model-model seperti Honda Brio, All New Honda BR-V, All New Honda HR-V, Honda CR-V, Honda Mobilio, dan Honda WR-V.

Honda ke depannya akan mulai mengekspor model-model terbarunya seperti Honda WR-V ke beberapa negara. Sebelumnya sebanyak 31.380 unit, yang terdiri dari Honda Brio sejak April 2019 ke Vietnam dan Filipina dan All New Honda BR-V sejak Maret 2022 ke sekitar 30 negara di seluruh dunia diantaranya Jamaica, Grand Cayman, Barbados, Trinidad & Tobago, Grenada, St. Kitts, St. Lucia, Thailand, Afrika Selatan, Bangladesh dan Filipina.