3 Langkah Strategi Jasa Marga Sambut Arus Balik Lebaran 2018

Deni F Siahaan
Deni F Siahaan 15 Jun 2018 - 10:00
3 Langkah Strategi Jasa Marga Sambut Arus Balik Lebaran 2018
Persiapan Jasa Marga jelang Arus Balik Lebaran 2018

KabarOto.com - Arus mudik Lebaran 1439 H/2018 telah selesai. Hasil evaluasi untuk arus mudik tahun ini terbilang lancar. Kelancaran lalu lintas (lalin) selama arus mudik tidak lepas dari sinergi lintas sektoral baik Kementerian, Kepolisian maupun Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan strategi untuk arus balik yang akan dimulai pada tanggal 17-21 Juni 2018. Jasa Marga telah menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi arus balik Lebaran. Adapun strategi yang disiapkan meliputi:

1. Pengaturan distribusi lalin.

Adanya penambahan hari cuti bersama dan program diskon tarif tol diharapakan dapat mengendalikan distribusi lalin, karena pengguna jalan tol memiliki pilihan waktu untuk arus balik.

2. Optimalisasi kapasitas lajur, gerbang maupun TI/TIP/Parking Bay.

Peningkatan kapasitas untuk rest area diantaranya melalui pemasangan alat Rest Area Monitoring System (RAMS) dan penambahan parking bay di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Arus Balik Lebaran 2018

Sedangkan untuk lajur, peningkatan kapasitas salah satunya melalui pemberlakuan contraflow di Jalan Tol Jakarta Cikampek atas diskresi kepolisian. Jalan Tol Jakarta-Cikampek memiliki 2 wilayah pemberlakuan contraflow, yakni wilayah timur mulai dari GT Cikarang Utama (km 30) hingga Km 65 dan wilayah barat mulai dari GT Cikarang Utama (km 30) hingga km 21.

Optimalisasi di gerbang tol untuk transaksi telah disiapkan 15 mobile reader.