300 Robot Gunakan Koneksi Internet 5G+ Untuk Produksi Mobil

300 Robot Gunakan Koneksi Internet 5G+ untuk Produksi Mobil

KabarOto.com - ZEEKR Intelligent Factory sudah memulai produksi mobil listriknya di fasilitas Ningbo, Tiongkok, Selasa (19/10). Model perdana yakni ZEEKR 001 dibuat dengan teknologi 5G+.

Kecanggihan ditunjukkan dengan meminimalisir keterlibatan manusia sehingga tak akan terjadi 'human error'. Di ZEEKR Intelligent Factory ada 300 robot yang sudah terkoneksi dengan industrial grade 5G+ intelligent internet system, sehingga produksi bisa direncanakan, terlacak, dan diperiksa secara seksama.

Baca juga: Saingi Wuling, DFSK Hadirkan Mobil Listrik Mungil

Continuous self-optimization selalu dilakukan saat memproduksi ZEEKR. Sebagai contoh saat pengelasan mengadopsi sistem monitoring menggunakan panduan visual lem, online measurement, dan ultrasonic self-inspection, dan menggunakan intelligent self-adaptation untuk kontrol pengelasan agar penyambungan tetap sempurna.

Saat pengembangan ZEEKR 001, berbagai informasi terus diinput melalui sistem Over The Air (OTA) sehingga semakin menyempurnakan sistem ZEEKR Assisted Drive (ZAD). Mobil akan selalui melakukan pembaruan teknologi perangkat lunak,s ehingga pengguna bisa mengendarai kendaraan masa depan.



Oh iya, ZEEKR 001 diperkenalkan bulan April lalu di Shanghai Auto Show 2021, menggunakan basis Geely Holding Group Sustainable Electric Architecture (SEA). Konsumen perdana yang sudah memesan akan mulai didistribusikan 23 Oktober.

Baca juga: Volkswagen Pamer Konsep Mobil Listrik Berteknologi Otonom Penuh

Performa mobil memiliki tenaha 400 kw atau setara 536 dk dan torsinya 768 Nm. Kemampuan laju hingga 100 kpj hanya perlu 3,8 detik dan untuk deselerasi 100-0 kpj hanya perlu jarak 34,5 meter.

Perihal pengisian baterai listrik Z-Battery 100kWh, pengisian dari 10% ke 80% hanya perlu menunggu 30 menit.