3M Indonesia Dan Kemenhub Gelar Seminar Keselamatan Angkutan Barang

3M Indonesia dan Kemenhub Gelar Seminar Keselamatan Angkutan Barang

KabarOto.com - 3M Indonesia bersama Kementerian Perhubungan RI menyelenggarakan seminar yang bertajuk ‘Meningkatkan Keselamatan Angkutan Barang di Jalan’.

Seminar ini merupakan salah satu kegiatan untuk memperingati Hari Perhubungan Nasional 2021. Dalam kesempataan ini, Kementerian Perhubungan RI dan beberapa mitra strategis melakukan diskusi dan bertukar informasi terkait bagaimana meningkatkan keselamatan angkutan barang di jalan serta mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas dan angka kematian di dalam negeri.

Baca juga: Cara Honda Kampanye Keselamatan Berkendara Di Masa Pandemik

“Sebagai perusahaan sains global, 3M selalu berusaha untuk menyediakan produk yang lebih inovatif untuk membantu melindungi masyarakat, termasuk menjaga keselamatan pengemudi kendaraan angkutan barang dan pengguna jalan lainnya,” ujar Sigit Priowaskito, President Director of PT 3M Indonesia.

Sebagai informasi, 3M Conspicuity telah memenuhi standar global dan sesuai dengan pedoman teknis alat pemantul cahaya pada kendaraan bermotor seperti truk, kereta gandengan, dan kereta tempelan yang tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP. 3996 / AJ.502 / DRJD / 2019.

Baca juga: Honda Edukasi Keselamatan Berkendara Tatap Muka Dengan Protap Ketat

Berkaitan hal tersebut, Kementerian Perhubungan akan memberikan sanksi kepada pemilik kendaraan yang tidak mematuhi aturan pemasangan pemantul cahaya.

Kendaraan baru ataupun yang telah beroperasi di jalan namun tidak terpasang pemantul cahaya tidak akan lolos uji dan mendapatkan SRUT (Sertifikat Registrasi Uji Tipe).