POPULAR STORIES

4 Kualitas Esensial Ban Mobil Listrik Versi Michelin

4 Kualitas Esensial Ban Mobil Listrik Versi Michelin Ban mobil listrik (Foto: Michelin)

KabarOto.com - Michelin berencana mengembangkan ban khusus kendaraan elektrifikasi. Akan menerapkan inovasi dan teknologi, untuk mengakomodir empat kualitas esensial.

Customer Engineering Support Michelin Indonesia, Mochammad Fachrul Rozi mengatakan, Michelin merancang ban mobil listrik dengan teknologi yang lebih maju, untuk mengoptimalkan performa kendaraan listrik.

“Jangkauan tempuh baterai, kesunyian dalam kabin, dan usia pakai ban akan dioptimalkan dengan tetap mempertahankan tingkat keamanan dan kenikmatan berkendara,” ujarnya.

Baca Juga: ELangsung Jadi Agen Tunggal V-Belt Michelin Untuk Semua Jenis Matik

Ilustrasi penggunaan ban pada mobil listrik

Menurutnya para pengguna mobil listrik perlu merawat ban secara konsisten agar umur penggunaan ban lebih panjang. Hal utama yang perlu diperhatikan, pertama pastikan untuk mengecek tekanan angin secara berkala, sesuai rekomendasi pabrikan pembuat kendaraan.

Kedua, jangan menggunakan semir ban berbahan dasar minyak bumi atau kimia. Ketiga, periksa kondisi keseluruhan ban secara berkala, pastikan tidak ada sobekan atau kerusakan pada dinding ban dan alur ban masih layak digunakan serta masih memiliki ketebalan yang ideal (2mm).

Berikut empat esensial mobil listrik versi Michelin:

1. Umur pakai ban

Mengingat mobil listrik yang memiliki torsi yang besar atau torsi saat akselerasi dan deselerasi, mengutamakan teknologi untuk penggunaan jangka panjang dan awet sangat penting saat pengembangan ban untuk mobil listrik.

Ban mobil listrik Michelin

Baca Juga: Michelin Pilot Sport S 5 Ban Performa Untuk Jalan Dan Trek

2. Indeks beban lebih besar

Keberadaan baterai pada mobil listrik membuatnya lebih berat dibandingkan mobil bertenaga bensin, hal ini menjadikan mobil listrik cenderung memiliki berat total yang lebih besar sehingga dibutuhkan ban dengan teknologi yang dapat menopang beban lebih besar

3. Hambatan gulir

Untuk menghemat daya baterai dan memperpanjang jarak tempuh kendaraan listrik, dibutuhkan teknologi untuk menghasilkan hambatan gulir ban yang rendah. Selain itu, hambatan gulir yang rendah memungkinkan kendaraan melaju dengan lancar dan kinerja mesin tetap optimal.

4. Tingkat kebisingan ban rendah

Suara bising yang dihasilkan oleh kendaraan listrik, sebagian besar akibat suara gesekan ban terhadap permukaan jalan. Michelin mengembangkan teknologi untuk mereduksi kebisingan yang dihasilkan dari gesekan ban dengan permukaan jalan untuk memberikan kenyamanan lebih dalam berkendara dengan kendaraan listrik.