POPULAR STORIES

4 Tahun Wuling Almaz, Raih Penghargaan Dan Beri Kesan Bagi Penggunanya

4 Tahun Wuling Almaz, Raih Penghargaan dan  Beri Kesan bagi Penggunanya	Foto: KabarOto

KabarOto.com - Sejak diluncurkan oleh Wuling Motors pada 2019 lalu, Wuling Almaz menjadi kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) keluarga pilihan, menggendong fitur modern dan canggih. Sehingga memberi kesan sendiri bagi penggunanya dan sudah meraih berbagai penghargaan.

Sejak 2019 hingga saat ini, Almaz berhasil meraih 7 penghargaan, Seperti Car of The Year versi Gridoto Award 2019, kemudian 5 penghargaan lainnya termasuk Car of The Year Otomotif Award 2021 untuk Almaz RS.

Wuling Almaz merupakan hasil produksi dari pabrik Wuling yang berada di kawasan Cikarang, Jawa Barat, sejak kehadirannya di Indonesia, Almaz hadir dalam berbagai varian yakni SE, EX, RS dan Hybrid.

Baca juga: 6 Tahun Wuling Motors Di Indonesia, Hadirkan Produk Dan Teknologi Canggih

Wuling Almaz Hybrid

Pembagian varian ini agar dapat menjangkau konsumen yang lebih luas lagi, bahkan menyesuaikan dengan kebutuhan keluarga modern saat ini.

Dengan kelengkapan varian sesuai kebutuhan konsumennya, dapat diperoleh data penjualan berdasarkan Gaikindo, secara whosales hingga Mei 2023 kemarin, diperoleh total penjualan Wuling Almaz sebanyak 27.603 unit, dengan penyumbang terbanyak adalah Almaz (EX dan SE) dengan 18.250 unit, Almaz RS sebanyak 8.888 unit dan terakhir adalah Almaz Hybrid dengan angka 465 unit.

Seperti Wuling Almaz RS, yang hadir sebagai kendaraan SUV modern, dikatakan demikian karena dibekali inovasi terdepan yakni Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS), yang tergabung dalam Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) serta WIND.

Rangkaian teknologi tersebut sengaja dihadirkan Wuling Motors untuk memungkinkan terwujudnya ekosistem cerdas, yang saling terhubung antara Almaz RS dan penggunanya. Diberi nama Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE).

Kemudian Wuling Almaz Hybrid diluncurkan pada November 2022 di Jakarta International E-prix Circuit, Ancol, Jakarta Utara. SUV ini mengusung konsep Multi-mode Hybrid Performance yang terdiri dari EV Mode, Series Hybrid, dan Hybrid Parallel dimana ketiga mode tersebut diatur secara otomatis oleh sistem agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan performa penggunanya.

Dan tak kalah menarik, adalah hadirnya Almaz Executive (EX) yang terdiri dari dua tipe, namun keduanya hanya dibedakan dengan konfigurasi tempat duduk saja, yakni 5 tempat duduk dengan banderol Rp 310,1 juta dan 7 tempat duduk dibanderol Rp 320,8 juta.

Almaz EX adalah tipe tertinggi Almaz, di bawahnya ada Almaz Smart Enjoy (SE). Sebagai tipe tertinggi, Almaz EX punya semua kelengkapan di Almaz SE ditambah fitur Wuling Indonesian Command (WIND) dan panoramic roof.

Baca juga: 100 Unit Wuling Air Ev Meriahkan Green Drive Festival

Koneksi via smartphone melalui aplikasi

Beberapa fitur yang menjadi perlengkapan standar Almaz untuk menunjang keselamatan dan keamanan, antara lain Dual SRS Airbag, Front & Side Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BA), safety belt reminder, ISOFIX, cakram depan-belakang, ESS, 4-points rear parking sensor, TCS, Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Immobilizer, hingga Emergency Stop Signal (ESS).

Kelengkapan fitur modern dan canggih tersebut, membuat konsumennya yakin akan pilihannya. “Saya pengguna Almaz dari 2019.Dipilih mobil SUV Almaz ini karena nyaman digunakan khususnya saat bepergian jarak jauh, saya pernah bawa mobil ini hingga Bali. Sebelumnya malah tidak pernah,” ujar Frans sebagai pengguna Wuling Almaz.

Jantung mekanis SUV ini mengandalkan mesin 4 silinder, DOHC, turbo, DVVT, berkapasitas 1.451 cc. Mengandalkan transmisi CVT dengan 8 percepatan, mesin ini sangup menghasilkan tenaga maksimal sebesar 140 dk pada 5.200 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada rentang 1.800 – 3.600 rpm.

Sebagai informasi, untuk harga cukup kompetitif mulai dari Almaz dengan harga Rp 303,5 juta hingga Rp 385,8 juta, varian Almaz RS mulai Rp 364,1 juta hingga Rp 439,2 juta, sedangkan varian teratas Almaz Hybrid dibanderol Rp 472juta.