POPULAR STORIES

5 Instruktur Safety Riding Honda Siap Berkompetisi Di Jepang

5 Instruktur Safety Riding Honda Siap Berkompetisi di Jepang

KabarOto.com - Pekan depan, tepatnya 3-4 Oktober 2019 digelar Safety Japan Instructors Competition 2019 yang berlokasi di Suzuka Circuit Traffic Education Center, Jepang. Indonesia tentunya akan turut menurunkan instruktur terbaiknya.

Selain Indonesia, kompetisi the 20th Safety Japan Instructors Competition 2019 juga diikuti para instruktur terbaik dari 9 negara yaitu Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, India, Taiwan, Australia, dan Turki.

Sebanyak 5 instruktur safety riding Honda dari PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai perwakilan dari Indonesia akan turun di 3 kelas yaitu 750 cc, 400 cc, dan 125 cc.

Baca Juga: Jangan Asal Jalan! Perempuan Harus Paham 7 Postur Tubuh Yang Benar Mengendarai Skutik

Para peserta perwakilan dari Indonesia merupakan pemenang kompetisi Astra Honda Safety riding Instructor Competition (AH-SRIC). Samsul Falah dari main diler PT Wahana Makmur Sejati, merupakan jawara di kategori Safety riding Center Main Diler Honda dan akan berlaga di kelas 125 cc menggunakan Honda MSX125.

Baca Juga: Kenali Bahaya Microsleep Ketika Berkendara Akibat Otak Tertidur

Kemudian, pemenang pertama kategori Big Bike AH-SRIC yaitu I Gusti Ngurah Agung Iswahyudi dari Astra Motor dan Ibnu Fachrizal sebagai juara pertama kelas 400 cc pada ajang Safety Japan Instructors Competition 2018, siap berlaga di kelas 400 cc dengan motor CB400SF.

Sementara kelas tertinggi yaitu 750 cc akan diwakili oleh Hendrik Ferianto dan Deni Surahman dari Safety Riding AHM, menggunakan Honda NC750.

Dari segi pengujian praktik, para peserta dinilai dari kemampuan teknik pengereman, kestabilan diatas motor, pengoperasian sepeda motor, serta posisi berkendara yang baik dan benar dalam berbagai kondisi. Termasuk dalam sesi praktik braking, slalom course, dan low speed balance.

Selama kompetisi tidak hanya diuji terkait keselamatan dan keterampilan berkendara dari segi praktik. Peserta juga akan mendapatkan ujian dalam bentuk edukasi. Dimana mereka dituntut untuk memiliki kemampuan mengajar dalam berbagai kasus yang diberikan oleh juri.

Baca Juga: Lelah Ketika Berkendara? Mungkin Terserang Auto Behavior System, Ini Tipsnya

Demi meningkatkan performa, para peserta mengikuti pelatihan selama satu bulan di Bandung. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan intensif di Traffic Education Rainbow Center (TERC) Hamanako dan Suzuka Circuit Traffic Education Center (SETC) Jepang pada periode 26 September - 1 Oktober 2019.

"Kami berharap melalui berbagai persiapan yang matang selama 2 bulan, para instruktur binaan AHM mampu mengikuti kompetisi bertaraf International sehingga dapat memberikan hasil yang positif pada ajang The 20th Safety Japan Instructor Competition 2019," ungkap Deputy General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya.