POPULAR STORIES

5 Juta Kendaraan Didaftarkan Program 'Subsidi Tepat', Pengguna Pertalite Dominan

5 Juta Kendaraan Didaftarkan Program 'Subsidi Tepat', Pengguna Pertalite Dominan Ilustrasi (KabarOto)

KabarOto.com - Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) mencatat, hingga akhir Februari 2023, pendaftar program subsidi tepat Pertamina telah menembus lebih dari 5 juta unit kendaraan.

Persentase jenis kendaraan pengguna Pertalite mencapai 54 persen dan pengguna Solar subsidi yang didaftarkan mencapai 46 persen.

Baca Juga : Pengguna Pertalite Dan Solar Subsidi Harus Terdaftar, Ini Penjelasan Pertamina

"Dari data tersebut, untuk pengguna Pertalite yang mendaftar 80 persen didominasi oleh pengguna pribadi. Sedangkan untuk Solar komposisinya cukup seimbang antara pengguna pribadi maupun kendaraan umum," ungkap Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting dalam keterangannya, Rabu (01/03/2023).

Ilustrasi pengendara isi BBM di SPBU Pertamina (Foto: Kabaroto)

Program subsidi tepat bertujuan untuk mendata kendaraan yang menggunakan Pertalite dan Solar. Melalui pendataan, diharapkan penyaluran BBM bersubsidi dapat lebih termonitor dan mencegah kecurangan, atau penyalahgunaan di lapangan. Sehingga, BBM bersubsidi tersalurkan bagi masyarakat yang memang berhak.

Saat ini, Pertamina Patra Niaga terus melakukan sosialisasi dan edukasi, mengenai tata cara pendaftaran serta menguji coba kesiapan verifikasi QR Code.

Baca Juga : Sebanyak 60 Persen BBM Subsidi Dikonsumsi Golongan Mampu, Ini Tindakan Pertamina

Tak hanya itu, Pertamina Patra Niaga juga terus memantau perkembangan revisi Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 yang menjadi regulasi acuan penetapan penyaluran BBM bersubsidi.