5 Mobil Bekas Yang Diburu Di Tahun 2018

5 Mobil Bekas yang Diburu di Tahun 2018 5 Used Cars paling diburu konsumen di 2018.(Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Memasuki tahun 2018, produsen otomotif di Tanah Air mengeluarkan mobil terbaru berteknologi tinggi serta fitur keselamatan mumpuni. Bagi yang mempunyai penghasilan tinggi, membeli mobil baru tentu tak masalah. Tapi tidak bagi yang berpenghasilan kecil, alternatif yang tepat adalah membeli used car.

Membeli mobil bekas alias used car memiliki banyak keuntungan. Misalnya performa used car sebenarnya tak jauh beda dengan mobil baru, asalkan mobil itu memiliki riwayat pemakaian dan perawatan yang baik.

Selain itu, ketika nanti misalnya ingin menjual mobil bekas tersebut, penurunan harganya juga tak terlalu jauh jika dibanding membeli mobil baru, kemudian menjualnya lagi di tahun-tahun berikutnya.

Berkaca dari penjualan used cars 2017 yang dikeluarkan Showroom mobil bekas, A&W Mobilindo. Sepertinya merk mobil bekas yang bakal diburu konsumen di 2018 ini, masih sama yakni dari nama-nama besar Toyota, Honda maupun Mitsubishi.

Berikut deretan used cars yang bakal diburu konsumen di 2018 berdasarkan peringkat:

1. Toyota Avanza

Toyota Avanza pertama kali masuk pasar Indonesia tahun 2014 melalui Astra Daihatsu Motor. Sampai saat ini, Avanza masih menjadi mobil MPV dengan penjualan tertinggi di Tanah Air.

Dengan segala fitur lengkap yang dimiliki Toyota Avanza, harga mobil low MPV ini terbilang terjangkau untuk sebagian masyarakat Indonesia yang ingin membeli mobil keluarga yang serba bisa.

Selain itu, jumlah penjualan Avanza yang tinggi setiap tahun membuat konsumen tidak akan menemui kesulitan mencari harga mobil bekas Avanza yang sesuai kantong pribadi.

Di samping harga bekas yang kompetitif, pilihan mobil Avanza bekas yang banyak beredar di pasaran akan memberikan keuntungan tersendiri. Harga mobil Toyota Avanza seken tahun 2012-2015 dibandrol mulai dari Rp130 juta hingga Rp143 juta.

2. Honda Jazz

Honda Jazz merupakan kendaraan jenis city car yang penjualannya sangat laris di Indonesia. Sejak kemunculannya tahun 2004 lalu dengan model yang stylish dan modern ala Honda, penampilannya mampu memikat para pecinta otomotif di Tanah Air.

Sampai saat ini mobil Honda Jazz baik dalam kondisi baru maupun bekas masih menjadi incaran masyarakat untuk dijadikan alat transportasi sehari-hari.

Honda Jazz bekas mempunyai harga pasaran cukup stabil. Walaupun sekarang sudah hadir dalam generasi terbaru yang modelnya lebih futuristik dengan fitur-fitur yang lebih lengkap dan canggih, namun peminat mobil Honda Jazz bekas dari generasi pertama hingga terakhir masih cukup tinggi.

Dibanding dengan mobil hatchback lainnya, Honda Jazz memiliki desain bodi yang cukup modern dan mesin yang tangguh. Dua kelebihan itu bisa menjadi daya tarik bagi calon konsumen yang ingin membeli mobil Honda Jazz bekas sebagai kendaraan pertamanya.

Apalagi bagi mereka yang tinggal di perkotaan dengan aktivitas yang selalu melewati jalanan padat, mobil ini dinilai cocok untuk menunjang berbagai kegiatan.

Selain itu, dari sisi perawatan dan konsumsi bahan bakar mobil Honda Jazz terbilang mudah dan irit, karena didukung bengkel servis resmi Honda yang tersebar di seluruh Indonesia. Harga mobil Honda Jazz seken tahun 2012-2014 dibandrol Rp 180 - 197 juta.

Baca Juga: Tips Ampuh Memilih Mobil Bekas

3. Toyota Vios

Toyota Vios sangat cocok bagi penggemar mobil sedan. Dengan mesin yang ditunjang dengan system VVT-I mobil ini bisa dibilang irit untuk konsumsi bahan bakar dan mampu menciptakan tenaga dan akselerasi maksimal.

Kembaran sedan Toyota Limo ini memiliki tampilan sederhana namun keren. Soal kenyamanan, sedan yang pertama kali diproduksi tahun 2002 ini sudah tidak diragukan lagi.

Secara umum, mobil dengan kapasitas empat tempat duduk ini termasuk salah satu kendaraan buatan Toyota yang cukup laris, sehingga ada perbaikan hingga beberapa generasi. Harga mobil Toyota Vios seken kisaran tahun 2010-2013 dibandrol Rp 135 - 170 juta.

4. Honda Mobilio

Honda Mobilio bekas kini banyak diburu oleh konsumen yang ingin punya mobil bagus dengan dana yang terjangkau. Saat ini, Mobilio memang menjadi salah satu mobil dari Honda yang bisa dibilang paling diminati.

Sejak awal peluncurannya, Mobilio langsung mampu bersaing dengan mobil yang terlebih dahulu menguasai pasar low MPV seperti duet Xevia Avanza dan juga Suzuki Ertiga.

Sebagai mobil bekas, Honda Mobilio memiliki perputaran penjualan yang bisa dibilang sangat cepat. Bagaimana tidak, dibandingkan Avanza, Xenia atau Suzuki Ertiga, ketersediaan Honda Mobilio bekas memang terbilang masih jarang ditemui.

Jikapun ada, baik itu di dealer mobil bekas atau di iklan online mobil bekas, maka tidak butuh waktu lama untuk mobil tersebut berpindah garasi ke pemilik baru.

Adapun tipe mobil Honda Mobilio yang dicari konsumen dalam kondisi seken ternyata hampir semua lini. Mulai dari versi S manual yang memiliki banderol paling murah, hingga banderol paling mahal di tipe RS CVT.

Saat baru diluncurkan, harga Mobilio memiliki rentang antara 159 juta rupiah hingga 214 juta rupiah. Namun untuk harga sekennya, penurunan yang signifikan cenderung lebih banyak dialami tipe RS CVT yang banderol harga barunya paling tinggi.

Baca Juga: Cara Mengecek Mesin Mobil Bekas sebelum Membeli

5. Mitsubishi Pajero

Mitsubishi Pajero Sport merupakan kendaraan jenis SUV yang cukup keren dan gagah. Sebagai kendaraan yang didesain untuk segala medan, tentunya Mitsubishi Pajero Sport mempunyai tampilan gagah, sportif, dan siap tempur.

Bahkan, ketenaran dari mobil Mitsubishi Pajero Sport sudah tak terbantahkan. Seperti diketahui, mobil SUV produk Mitsubishi merupakan salah satu kendaraan laga yang tenar saat digunakan di trak Paris – Dakkar.

Dari segi tampilan, Anda tentunya tidak ragu lagi untuk memberi nilai plus pada Mitsubishi Pajero Sport, bahkan harga bekas mobil Mitsubishi Pajero Sport masih lumayan tinggi, karena ketenaran dan keunggulan mobil SUV Mitsubishi ini dalam adu unggul dengan lawan lawannya.

Meskipun desainnya lumayan besar namun Mitsubishi Pajero Sport mempunyai kelincahan bermanuver yang cukup disegani lawan-lawannya.

Pada saat ini harga Mitsubishi Pajero Sport baru termurah sekitar Rp450 jutaan dan di pasaran mobil bekas Jakarta Mitsubishi Pajero Sport bekas masih bertahan di kisaran Rp300 jutaan. Mobil Mitsubishi Pajero Sport tersedia dalam tiga tipe, Dakar, Exceed, dan GLX.