Cara Mengecek Mesin Mobil Bekas Sebelum Membeli

Cara Mengecek Mesin Mobil Bekas sebelum Membeli Foto: www.google.com

KabarOto.com - Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan saat akan membeli mobil bekas. Bukan hanya soalan bodi yang mulus, tetapi juga harus tahu kondisi mesin secara utuh.

Bagi pembeli yang masih awam memeriksa kondisi mobil, ada baiknya membawa mekanik untuk memastikan mesin mobil memang masih prima.

Namun, bila Anda ingin membeli mobil bekas tanpa harus membawa mekanik, KabarOto memberi beberapa tips yang mungkin berguna:

1. Periksalah Kondisi Ruang Mesin

Hal pertama yang Anda lakukan memeriksa ruang mesin, coba lihat sekeliling ruang mesin. Bila Anda menemukan cat di ruang mesin terlihat masih baru, itu berarti mesin mobil pernah turun. Mungkin disebabkan terendam banjir atau tabrakan.

2. Kondisi Mesin Mobil

Ini mungkin hal paling sulit bagi Anda yang tidak paham mesin mobil. Jadi, pertama pastikan mesin mobil tidak mengalami kebocoran, baik bahan baka maupun oli.

Amatilah satu per satu bagian mesin mobil dan pastikan tidak ada rembesan oli atau cairan lainnya. Lihat dengan seksama kondisi baut dan mur yang ada.

Bila ada baut atau mur baru yang ujungnya cacat, tanyakan ke pedang atau pemilik yang menjualnya.

Baca Juga:

3. Nyalakan Mobil

Pastikan kehalusan dan kestabilan saat mesin mobil dinyalakan. Mobil yang terawat akan langsung menyala saat distarter dalam kondisi dingin.

Jika tersendat, kemungkinan ada masalah dengan aki mobil tersebut atau mobil memang jarang diservis secara berkala sehingga ada kotoran yang menyumbat kinerja mesin.

4. Perhatikan Indikator dan Speedometer

Saat mobil hidup, periksalah lampu indikator yang menyala. Lampu indikator kondisi mesin pada dashboard seperti oli dan temperatur pastikan tidak menyala.

Gas secara perlahan, kemudian lepas dan perhatikan turunnya jarum RPM. Pastikan jarum RPM stabil turun naiknya, jika tidak kemungkinan ada masalah dengan mesin mobil.

5. Getaran Mesin

Lihatlah getaran mesin pada saat mobil dihidupkan, bila terlihat tidak wajar atau tidak seirama mungkin ada masalah di engine mounting atau sistem kelistrikan tersendat.

6. Knalpot

Amatilah kondisi knalpot, perhatikan gas buang mobil apa ada yang tidak wajar keluar dari knalpot. Bila asap yang dikeluarkan berwarna hitam adanya masalah dengan pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna, bila warna putih terjadi pencampuran oli di dalam ruang pembakaran mesin. Bila ada tetesan air menandakan kodisi mesin yang masih bagus dan wajar.

7. Lakukan Uji Jalan

Pada saat uji jalan perhatikanlah performa mesin, kenyamanan perpindahan transmisi dan kerja rem.

Demikian beberapa informasi tentang cara mengecek mesin mobil bekas. Apabila dirasa Anda masih susah memahami penjelasan di atas, Anda dapat berdiskusi dengan teman atau keluarga yang benar-benar paham mesin mobil.