6 Instalatur Audio Berkompetisi Selama 2 Hari Di Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle

6 Instalatur Audio Berkompetisi Selama 2 Hari di Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle Foto: Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle

KabarOto.com - Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle yang berlangsung di Black Stone Garage, Jakarta, menjadi ajang kompetisi bagi 6 instalatur audio mobil di Jakarta. Instalatur melakukan instalasi audio mobil serta tuning dengan merek dan jenis mobil yang sama. Tidak ketinggalan perangkat audio yang digunakan juga sama dan telah disediakan pihak panitia.

Kompetisi yang berlangsung selama 2 hari, dimulai pada 18 Oktober hingga 19 Oktober. Kompetisi dimulai dari proses instalasi pada hari pertama, kemudian setting atau tuning audio di hari kedua. Dan berakhir dengan penilaian, setelah batas yang ditentukan telah berakhir pada hari kedua.

Para instalatur audio mobil yang ikut serta adalah Cas Audio, BestBuddyShop, Duta Audioworks, Bronson Audio, AJM Audioworks, dan Begja Autotronics. Mereka adalah beberapa instalatur yang sudah punya nama di kota Jakarta, pengalaman mereka menjadikan alasan kompetisi berlangsung.

Baca juga: Kompetisi Upgrade Audio Mobil Lintas Merek

Instalasi perangkat kompetisi di hari pertama

Para peserta tadi berhasil menyelesaikan instalasi audio lebih cepat, ini lebih awal dari perkiraan panitia yang telah menetapkan waktu berakhir instalasi dan setting audio pada kendaraan tiap peserta.

“Hari pertama berjalan sesuai rencana, tetapi di luar ekspektasi. Jadinya sangat cepat, jam 16.00 instalasi semua sudah selesai dan tidak ada kendala.” ujar Jacki Suwandi selaku konten creator Otomotif Pengepul Mobil juga penyelenggara Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle.

Sebelum kompetisi dimulai, panitia telah menyediakan mobil yang menjadi bahan untuk modifikasi audio mobil, yaitu Toyota Kijang Innova ‘Reborn’ keluaran 2017-2020, berasal dari berbagai daerah. 3 unit Jakarta, 1 unit dari Banten, 1 unit dari Daerah Istimewa Yogyakarta, dan 1 unit dari Jawa Tengah.

Setting audio oleh instalatur setelah selesai instalasi perangkat di kendaraan

Sebelum berkompetisi, dilakukan inspeksi air conditioner (A/C) oleh Rotary Bintaro, dengan treatment pembersihan evaporator yang dilakukan dengan cooling machine, ganti filter kabin, dan sterilisasi dengan atomizer.

" Hal ini untuk menghilangkan bakteri dan virus, untuk menunjang kualitas suara, sekaligus kenyamanan instalatur untuk melakukan tuning,” ungkap Ferry Jensen Lie, Pemilik Rotary Bintaro.

6 instalatur wajib memasang komponen modifikasi audio di mobil yang telah disediakan oleh panitia, dengan batas waktu yang telah ditentukan, yaitu pukul 09.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Perangkat yang harus tersemat di kabin kendaraan para peserta, yaitu peredam Z3ro Solutions, head unit Asuka, digitalprocessor Alpine, speaker Pioneer, amplifier Zapco, subwoofer Hertz dan kabel dari Pitch and Timbre.

Baca juga: Alpine PXE-X800, DSP Amp Untuk Meningkatkan Kualitas Audio Di Mobil

Bambang Soesatyo menyerahkan piala juara kepada AJM Audioworks

Semua proses instalasi dan setting, harus dilakukan di area kompetisi. Bahan kayu MDF disiapkan oleh panitia, sementara untuk alat bantu seting dan alat potong wajib dibawa oleh masing-masing instalatur.

Duta Audioworkshop menjadi peserta yang menyelesaikan kompetisi dengan cepat, lebih cepat 4 jam dari waktu mulai pengerjaan yang telah ditentukan oleh panitia. Setelah instalasi, para peserta melakukan break-in atau uji coba komponen modifikasi audio mobil yang telah dipasang di mobil, serta tuning hingga pukul 20.00.

Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR RI dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), ditunjuk sebagai juri kehormatan. Seluruh kendaraan dinilai oleh Bamsoet sapaan akrabnya, ia memutar lagu favoritnya. "Hal ini menarik untuk aspek bisnis dunia audio mobil, agar bisa memberikan kontribusi kepada perekonomian nasional," pungkas Bamsoet.

Untuk pilihan Bamsoet, akhirnya AJM Audioworks yang menjadi pilihan favorit Bamsoet. Sementara, Bronson Audio hadir sebagai jawara Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle 2022.