POPULAR STORIES

Apa Itu Orange Peel Di Permukaan Cat Mobil?

Apa Itu Orange Peel di Permukaan Cat Mobil? Sumber Foto : @rmoda.studio

KabarOto.com ­– Dalam proses cat ulang sebagian atau seluruh bodi mobil, perlu proses yang presisi dan hati-hati. Pasalnya, jika salah dalam proses cat ulang dapat menimbulkan cacat atau paint defect yang umum terjadi.

Kerusakan ini dapat terjadi akibat beberapa faktor seperti proses pengecatan yang salah dan kondisi lingkungan pengecatan yang buruk.

Baca Juga : Mau Cari Bengkel Serba Bisa? Coba Mampir Ke RMODA Workshop, Sob!

Salah satu paint defect ini disebut ‘Orange Peel’ atau kulit jeruk. Hal ini biasa ditemui di permukaan cat mobil baru. Biasanya hal ini terjadi karena proses formasi cat yang tidak sempurna, setelan spray gun tidak tepat dan suhu pengecatan yang terlalu panas.

Efek kulit jeruk

“Jadi untuk mobil baru atau lama itu dipermukaan catnya biasanya seperti kulit jeruk, dan kulit jeruk ini memiliki karakter yang berbeda-beda. Biasanya kulit jeruk ini terbentuk karena setelan tekanan spray gun, dan pihak pabrikan mobil itu suka dengan karakter cat ‘mirror finish’. Jadi pantulan warna catnya ini jauh lebih bagus,” ungkap Julius Tommy selaku General Manager RMODA workshop.

Jika Sobat ingin menghilangkan atau mengurangi efek kulit jeruk ini, Rmoda workshop ini menawarkan program ‘Orange Peel Removal’.

Pengamplasan full body dengan metode wet sanding

Baca Juga : Suzuki Buka Suara Soal Rencana Produksi Jimny Di Indonesia

“Jadi program kita ini itu mengurangi semaksimal mungkin agar panel bodi ini lebih bening dan kinclong dengan cara di amplas hingga efek Orange Peel-nya ini berkurang,” lanjut Tommy.

Walaupun orange peel removal ini dapat membuat tampilan mobil lebih mulus dan mengilap, program ini berbeda dengan coating.

“Terkadang banyak yang keliru ya, kita ini jadi harus dibedakan coating itu untuk proteksi cat mobil. Walaupun hasil akhirnya sama, untuk car glooming mereka mau mobil itu bagus lagi. Dan untuk paket coating kita ada dan terpisah dengan program orange peel,” tutup Tommy.

Sebelum (atas) dan sesudah (bawah)

Baca Juga : 5 Pabrikan Mobil Paling Laris Di Dunia, Toyota Geser Posisi Volkswagen

Adapun jasa Orange Peel Removal ini Sobat perlu merogoh kocek Rp 1 juta hingga 2 jutaan tergantung dari ukuran mobilnya. Dan, proses pengerjaan ini membutuhkan waktu paling cepat 7 hari ya Sob!

Bagaimana Sobat KabarOto Tertarik?

Berita Terkait

Berita Terkait