POPULAR STORIES

Cara Maksimalkan Audio Pada Mobil Modern

Cara Maksimalkan Audio pada Mobil Modern Kipli/ Peugeot

KabarOto.com - Sistem audio pada kendaraan, membuat perjalanan kian nyaman. Salah satu trik untuk meningkatkan kualitas suaranya, dengan melakukan penyesuaian equaliser atau EQ Audio pada menu head unit

Head Unit berfungsi sebagai pengontrol keluarnya suara dari speaker. Terutama pada speaker yang tersusun di beberapa sisi kabin mobil. Bagi para penikmat suara, EQ Audio di head unit menjadi sangat penting.

Fungsinya sebagai kontrol output suara dari sound system, mampu merespon frekuensi jadi semakin lancar serta menghilangkan distorsi suara.

Hanya saja untuk menghasilkan suara yang jernih dan maksimal, penyetelan panel equalizer jadi berpengaruh, penggunanya dapat melakukan setting sekaligus merasakan sendiri hasil sound yang diinginkan.

Baca Juga: Mobil Balap Nissan 180SX Pasang Audio, Bagaimana Hasilnya?

“Bagusnya head unit di mobil keluaran terbaru rata-rata sudah built-in dengan equalizer. Bahkan beberapa Head Unit didukung menu yang tidak hanya bikin nyaman telinga, tapi juga dapat safety-nya,” ucap Roni Agung, Kepala Bengkel Astra Peugeot Cilandak.

Pengemuei, tidak lagi repot melakukan setting. Untuk dapatkan suara yang sesuai selera telinga. Diawali dengan membuka menu Options di layar monitor.

Lanjut dengan memilih menu Audio Setting yang berlogo not lagu berikut gambar gir. Setelah Audio Setting disentuh, maka akan muncul fitur awal yaitu Tone dengan tampilan Ambience atau settingan Graphic Equalizer standar.

Baca Juga: Rapat Internasional, Audio Plus Indonesia Sekaligus Edukasi Produk Jagoannya

Settingan yang bisa diatur, di antaranya tinggi-rendah suara Bass, Medium dan Trebles. Namun kalau pilih menu User, driver bisa langsung pilih mode music otomatis seperti Personalised, Classical, Jazz-Blues, Techno hingga Pop Rock.

“Langkah selanjutnya pilih fitur Balance yang terdiri dari All Passengers, Driver dan Front Only. Sementara pada pilihan All Passengers kita bisa memilih arah dominan keluarnya suara,” imbuh Roni.

Kemudian perihal safety, pada fitur Sound di menu Audio Settings Head Unit, bisa aktifkan tanda centang di fitur Volume Linked To Speed.

Fitur ini dapat mengatur tingkat keluarnya suara ketika mobil sedang dibawa di kecepatan tinggi dengan suara mesin yang keras.