POPULAR STORIES

Isi BBM Pakai Pertalite Jadi Lebih Boros? Buktikan Dengan 4 Metode Ini

Isi BBM Pakai Pertalite Jadi Lebih Boros? Buktikan dengan 4 Metode Ini Kipli

KabaOto.com - Setelah awal September 2022 lalu harganya naik menjadi Rp 10.000, kualitas Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite, dipertanyakan oleh pemilik kendaraan bermotor,

Pengguna RON 90 mengeluh, BBM itu dirasa semakin boros, dan lebih cepat menguap dibandingkan sebelumnya. Warna pun menjadi lebih keruh, dan menguning.

Pemilik kendaraan berasumsi, bahan bakar subsidi itu telah dicampur, sehingga tidak memiliki kualitas yang sama lagi.

Menanggapi isu ini, Pertamina telah memberikan penjelasan, tidak ada ubahan spesifikasi, baik warna maupun kandungannya.

Standar dan mutu Pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia, sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM RON 90 yang Dipasarkan di Dalam Negeri.

Benny Fajarai, Co-Founder Lifepal membagikan 4 metode menghitung konsumsi bahan bakar.

Baca Juga: Ini Fungsi Dan Cara Baca Tachometer, Spidometer, Dan Odometer

1. Menghitung dengan metode Full to Full

Untuk mengetahui rata-rata konsumsi BBM kendaraan, cara pertama bisa dicoba dengan menggunakan metode Full to Full. Metode ini digunakan untuk menghitung berapa besar konsumsi bahan bakar pada mobil maupun motor. Untuk menggunakan metode ini dibutuhkan kesabaran, kehati-hatian dan juga ketelitian, dikarenakan menghitung gunakan metode ini bisa dibilang seperti cara manual.

2. Mengukur konsumsi BBM dengan metode MID

Cara lainnya adalah metode MID (Multi Information Display). Fungsinya untuk mengetahui informasi mengenai konsumsi bahan bakar. Selain itu, MID juga untuk mengetahui jarak tempuh kendaraan. Dengan fitur MID ini, bisa mengetahui rata-rata konsumsi BBM secara real time.

Namun, perhitungan dengan MID memiliki kekurangan karena tidak sepenuhnya akurat akibat sering mengalami perubahan. Biasanya dipengaruhi oleh kecepatan kendaraan, kondisi jalan dan juga jarak tempuh.

Baca Juga: Bikin Spidometer Mitsubishi Xpander Lebih Glowing

3. Mencatat angka di odometer

Cara cek konsumsi BBM kendaraan yang berikutnya adalah mencatat angka di odometer. Odometer merupakan fitur pada kendaraan yang memperlihatkan jarak tempuh mobil sejak kendaraan pertama kali digunakan. Untuk mengukur konsumsi bahan bakar, bisa mencatat odometer saat kamu melakukan pengisian dan saat bahan bakar habis.

4. Gunakan kendaraan secara rutin

Menggunakan kendaraan secara rutin, dapat memperkirakan rata-rata konsumsi BBM mobil per km. Setiap harinya, saat kendaraan digunakan setelah mengisi bensin, bisa memperkirakan berapa lama bensin tersebut bertahan, disesuaikan dengan jarak yang sudah ditempuh sampai bensin habis.