Abarth 695 70th Anniversario, Edisi Spesial Ulang Tahun

Abarth 695 70th Anniversario, Edisi Spesial Ulang Tahun

KabarOto.com – Abarth sendiri merupakan produsen mobil khusus kompetisi balap yang berdiri sejak 31 Maret 1949, merek ini diciptakan berkat seorang engineer bernama Carlo Abarth bersama dengan seorang pilot bernama Guido Scagliarini membentuk Abarth & C. Namun, Abarth dibeli oleh produsen mobil asal Italia bernama Fiat di tahun 1971 menjadi divisi motorsport dari Fiat.

Memperingati hari jadi ke-70 Abarth di tahun 2019, Abarth bersama Fiat meluncurkan Fiat 696 Abarth 70th Anniversario Edition di tahun 2019. Kabarnya, produksi Fiat 696 dibatasi sebanyak 1.949 unit yang setara dengan tahun kelahiran Abarth. Produksi model spesial ini berbasis dari Fiat 500 yang diperkuat dan dilengkapi dengan sentuhan spesial.

Baca juga: Fiat Siapkan Generasi Baru Panda Bermesin Listrik

Secara visual, tampilannya tidak berbeda jauh dengan Fiat 500 tetapi model spesial ini adalah penggunaan spoiler atap berukuran besar di bagian belakang. Menariknya, terdapat spoiler besar di belakang yang diberi nama Spoiler Assetto Variabille.

Spoiler ini dapat disetel secara manual 12 arah sesuai kebutuhan, spoiler yang ditempatkan di belakang ini berfungsi untuk menciptakan efisiensi aerodinamika tanpa terpengaruh dengan kecepatan kendaraan, spoiler ini telah diuji aspek aerodinamikanya melalui berbagai tes di wind tunnel milik Fiat yang berada di Turin, Italia.

Fiat mengklaim spoiler ini dapat disetel dalam kemiringan 0 sampai 60 derajat yang mampu menambah downforce hingga 42 kg pada saat mobil mencapai kecepatan 200 kpj, spoiler ini juga mampu mengurangi steering corrections hingga 40% dari Abarth 695 biasa berdasarkan pengujian yang mereka lakukan di Wind Tunnel FCA di kota Orbassano yang berlokasi di barat daya Turin.

Di bagian eksteriornya, menggunakan warna hijau khusus dengan livery yang digunakan sebagai tribut pada generasi pertama Fiat 500 Abarth diciptakan 70 tahun lalu mampu memperoleh 6 rekor internasional. Warna retro ini dikombinasikan dengan aksen abu-abu Campovolo di sisi bagian pinggir bawah mobil dan tulisan Abarth yang menciptakan tampilan dua nada yang menarik. Selain warna hijau khusus, model spesial ini juga hadir dengan 4 warna eksterior lainnya yaitu Circuit Grey, Gara White, Scorpione Black dan Podium Blue.

Baca juga: Fiat 500 Dolcevita, Edisi Spesial Perayaan Ulang Tahun

Bagian interior Fiat Abarth ini menempatkan jok spesial yang diberi nama Sabelt Tricolor berwarna hitam dan terdapat bendera italia kecil di bagian headrest untuk membedakan model spesial ini dengan Abarth 695 biasa. Di sistem infotainment-nya, menggunakan headunit touch screen berukuran 7 inci di bagian dasbor yang sudah mendukung konektivitas Android Auto, Apple CarPlay, DAB Radio Digital dan sistem navigasi.

Terdapat peralatan standar termasuk AC auto climate control, LED DRL, Foglamp LED, karpet dengan bentuk unik, dan sistem telemetri Abarth yang berguna saat digunakan di trek balap.

Dapur pacu model spesial Abarth 695 ini ditenagai oleh mesin 4 silinder turbo berkapasitas 1.400 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 180 dk dengan torsi 250 Nm. Tenaga mesin ini mampu membawa mobil berakselerasi 0-100 kpj dalam waktu 6,7 detik, kecepatannya mampu diraih hingga kecepatan 225 kpj jika spoiler belakang diposisikan 0 derajat.

Terlahir kencang, perlu diimbangi dengan sistem pengerema yang mumpuni. Menggunakan pelek berukuran 17 inci yang dipasangkan dengan sistem pengereman dari Brembo, rem Brembo ini menggunakan kaliper 4 piston alumunium berwarna merah yang memeluk rem cakram dengan ukuran 305 mm untuk rem depan dan 240 mm untuk rem belakang.

Bagaimana dengan harganya? Di pasar Italia, model spesial Fiat Abarth 695 70th Anniversario ini dibanderol mulai EUR 34.600 atau sekitar Rp 537 jutaan, tertarik untuk memilikinya? (Nora Dian Pratama)