POPULAR STORIES

Agar Tak Salah, Kenali Tipe Lampu Pada Kendaraanmu

Agar Tak Salah, Kenali Tipe Lampu Pada Kendaraanmu Sumber: Autovision

KabarOto.com - Ada beberapa fitting atau pemasangan lampu yang terdapat di kendaraan roda doa atau sepeda motor, pemasangan tersebut tidak boleh sembarangan agar lampu dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut rekomendasi Autovision tentang LED sesuai dengan tipe kendaraan.

- Motor Bebek / Cub & Skutik Rakitan Dalam Negeri

Umumnya menggunakan soket lamp P15d25-1 dengan tipe lampu M5 atau H6. Fitur tersebut bisa didapatkan pada produk Autovision RZ1/OXY AC/DC. Contohnya motor jenis matic Honda Vario sebelum 2013, Yamaha Mio, Suzuki Nex dan Honda Beat.

- Motor kopling manual

Umumnya menggunakan tipe soket lampu P43t atau PX43t dengan lampu H4 ataupun HS1. Fitur tersebut bisa didapatkan pada produk Autovision Clarity atau RZ1 AC/DC atau Oxy AC/DC. Contohnya Motor Honda Verza, CB150, Yamaha Byson, Bajaj, Kymco Sevira, Vespa Sprint / LX , Suzuki Bandit, Kawasaki Ninja 150R.

Baca Juga: Begini Teknologi Lampu Autovision Agar Bisa Bersaing Di Dunia Otomotif

- Motor kopling jenis sport

Umumnya menggunakan soket lampu PX26d dengan tipe lampu H7. Fitur tersebut bisa didapatkan pada produk Autovision Clarity DC. Banyak diaplikasi motor Sport seperti Kawasaki Ninja, Yamaha R25.

Tentunya dari semua jenis dan tipe lampu kendaraan, ada baiknya Sobat juga mengetahui bagaimana cara memilih LED yang kuat dan tahan lama. Secara umum usia lampu LED bisa mencapai 50 ribu jam dalam kondisi baik.

"Semuanya tentu dipengaruhi berbagai faktor. Seperti kondisi mika serta kelistrikan. Jika kedua kondisi diatas dalam kondisi yang baik, maka usia lampu pun akan lebih awet. Lampu LED dengan pengendalian panas yang baik bisa mencapai umur pakai lebih dari 10 ribu jam," ujar Lily Hernawan selaku Direktur SPN.

Baca Juga: Regulator Bermasalah Sebabkan Bohlam Lampu Kerap Putus, Perhatikan Tandanya

Adapun 4 poin yang sebaiknya Sobat ketahui saat ingin mengganti dan mengaplikasikan lampu LED motor variasi, yakni :

  1. Kenali tipe kelistrikan motor

  2. Ruang Pemasangan

  3. Titik jatuh cahaya

  4. Panas pada mika