AKB Diperketat Dengan Buka Tutup Jalan Di 5 Ruas Kota Bandung, Berikut Lokasinya

AKB Diperketat dengan Buka Tutup Jalan di 5 Ruas Kota Bandung, Berikut Lokasinya

KabarOto.com - Masih di tengah pandemi, sebagai salah satu penanganan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama Polrestabes Bandung menutup sejumlah ruas. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa virus corona atau dikenal Covid-19 itu masih ada.

Sejak DKI Jakarta memutuskan untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap 2, Kota Bandung juga akan memperketat Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Baca Juga: Berikut Jadwal Angkutan Umum Selama PSBB DKI Jakarta

Penutupan ruas jalan dilakukan mulai Jumat (18/9) hingga 14 hari kedepan pada pagi dan malam hari. Ruas jalan yang akan ditutup yaitu Jalan Asia Afrika - Tamblong, Jalan Oto Iskandar Di Nata (Otistas) - Suniaraja, Jalan Purnawarman - Martadinata, Jalan Merdeka - Riau, dan Jalan Merdeka - Aceh.

Sejumlah ruas jalan tersebut dipilih karena merupakan pusat kota. Saat pagi, penutupan dilakukan mulai 09.00 WIB sampai 11.00 WIB. Sedangkan malam ditutup dalam kurun waktu lebih lama mulai 22.00 WIB hingga 06.00 WIB.

Walaupun penutupan jalan pada malam hari dilakukan mulai 22.00 WIB, petugas sudah bersiap sejak 21.00 WIB. Sehingga, masyarakat yang berkegiatan di luar rumah masih bisa pulang melewati ruas jalan yang ditutup.

"Kami masih memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk akses pulang dari tempat kerja masing-masing," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung, Kompol Rano Hadianto.

Baca Juga: Selama PSBB Di Jakarta, Jumlah Penumpang Taksi Dibatasi

Penutupan jalan kali ini sifatnya lebih fleksibel. Bagi masyarakat yang harus melewati lokasi bisa melaluinya dengan menunjukkan identitas kepada petugas, khusus bagi yang bekerja di 5 ruas tersebut. Nah, di luar itu

Setelah 14 hari dilakukan buka tutup jalan, pemkot akan melakukan evaluasi. Rano menyebutkan, "Kalau saat PSBB lalu istilahnya ring 1. Nanti akan ada evaluasi terkait hal tersebut."