POPULAR STORIES

Akhir Desember, 198.300 Kendaraan Akan Meninggalkan Jabodetabek

Akhir Desember, 198.300 Kendaraan akan Meninggalkan Jabodetabek Jasa Marga prediksi ada kenaikan volume kendaraan saat libur akhir tahun

KabarOto.com - Setelah pada pekan lalu disuguhkan cuti bersama menyambut natal, masyarakat masih disuguhkan oleh libur pergantian tahun, pada 31 Desember - 4 Januari 2020. Moment ini kembali dimanfaatkan oleh sebagian warga Jabodetabek untuk pergi ke tempat wisata atau kampung halaman di wilayah Jawa dan Sumatera.

Jasa Marga salah satu operator jalan tol pun memprediksi, H-1 libur atau tanggal 31 Desember 2020 akan dimulai perjalanan ke berbagai daerah menggunakan kendaraan roda empat. Pada hari itu, Jasa Marga prediksi ada 198,300 kendaraan melintasi 4 Gerbang Tol utama, yaitu Cikampek Utama dan Kalihurip Utama arah Timur, Cikupa arah Barat dan Ciawi arah Selatan.

Baca Juga: Rawan Lalu Lintas Padat Saat Arus Balik, Jasa Marga: Kembali Ke Jakarta Lebih Awal

Angka tersebut meningkat 41,1% dari lalu lintas normal. Sedangkan puncak volume lalu lintas arus kembali menuju Jakarta sebanyak 205.500 terjadi pada Minggu (03/01) melalui 4 GT utama. Angka itu meningkat 18,5% dari kondisi lalu lintas normal.

Gerbang Tol Cikampek Utama diprediksi akan meningkat volume kendaraan meninggalkan Jabodetabek

Jumlah kendaraan yang diprediksi ini tidak jauh berbeda dengan arus balik usai libur Natal yang terjadi pada 26-27 Desember 2020. Jasa Marga mencatat ada 284.085 kendaraan masuk Jabodetabek.

Pada hari Minggu kemarin (27/12), volume menuju Jakarta tercatat 158.868 kendaraan. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan hari Sabtu (26/12) sebanyak 125.217 kendaraan.

Dari jumlah tersebut, Jasa Marga membagi tiga arah, 54,43% dari arah Timur yaitu jalur Cikampek-Jakarta dan Bandung - Jakarta, 26,68% dari arah Barat Merak-Jakarta dan 18,89% dari arah Selatan, Bogor-Jakarta.

Baca Juga: Jasa Marga Fokus Menyelesaikan Pembangunan Ruas Jalan Tol Pada 2021

Perusahaan pelat merah ini juga menghimbau, kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Di antaranya memastikan kendaraan dalam kondisi prima. Selanjutnya tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan saat berada di rest area.

Selanjutnya juga mengisi bahan bakar di luar tol, agar tidak terjadi kepadatan di SPBU rest area serta memastikan saldo uang elektronik cukup. Agar tidak turunmengisi di atm atau mini market yang membuat kerumunan. Selain itu untuk selalu mematuhi rambu-rambu, arahan petugas dan istirahat jika sudah lelah berkendara.