POPULAR STORIES

Aki Cepat Mati? Temukan Sebabnya

Aki Cepat Mati? Temukan Sebabnya

KabarOto.com - Aki atau accu alias baterai punya batas waktu tertentu untuk menyimpan listrik. Lazimnya, tipe kering bisa bertahan selama kurang lebih 2 tahun. Celakanya, berkat kelalaian pengguna, aki pun bisa habis masa pakainya bahkan dalam hitungan hari.

Gerry Geovan selaku pemilik gerai Shop & Drive cabang Pamulang dan Pakujaya bilang salah satu faktor yang paling sering terjadi adalah kelalaian meninggalkan lampu kabin menyala saat di parkir semalaman.

Ia juga bilang alasan lainnya, "Bisa saja mobil mengalami masalah pada alternator atau dinamo sehingga mesin tidak mengisi daya aki. Cepat atau lambat, aki pun akan habis atau soak," ujarnya.

Baca Juga: Musim Hujan, Ini Tips Pilih Sarung Mobil Yang Baik Dan Benar

Model aki kering biasanya bisa bertahan selama kurang lebih 2 tahun atau 30.000 km, jika terjadi defek atau cacat pabrikan, harus dicek terlebih dahulu dengan pihak terkait untuk memastikannya. "Kami selalu memberikan garansi untuk aki yang dibeli di sini," imbuh Gerry, sapaan akrabnya.

Aksesori berlebihan seperti lampu tambahan, sistem audio dan lainnya juga bisa mempengaruhi usia pakai aki. "Itu menyedot aki, kadang besar sekali dayanya jadi aki pun tak sanggup mengakomodir. Jika memasang aksesori tambahan sesuaikan tipe dan daya akinya agar kelistrikan pun lancar," tutupnya.