Akibat Padatnya Arus Balik, Polres Brebes Lakukan One Way

Akibat Padatnya Arus Balik, Polres Brebes Lakukan One Way Kebijakan one way dan contraflow (Foto: Jasa Marga:

KabarOto.com - Sepertinya arus balik terpantau lebih padat dibandingkan arus mudik. Pasalnya, kepadatan meningkat di hari-hari menjelang liburan berakhir, yaitu mulai Sabtu (08/06) lalu. Pemudik yang semula lebih tertarik dengan Jalan Tol Trans Jawa pun mulai menggunakan Jalur lain nih.

Bahkan tumpahnya kendaraan saat arus balik membuat berbagai instansi yang mengatur lalu lintas dan jalan tol memberlakukan berbagai kebijakan. Sejak arus mudik kebijakan seperti contraflow dan one way sudah diberlakukan.

Baca Juga: Pemudik Fokus Tol Trans Jawa, Jalur Selatan Juga Bisa Jadi Alternatif Loh

Namun melihat volume kendaraan yang jauh lebih banyak di hari-hari menjelang aktivitas normal, kebijakan tersebut diberlakukan dengan jalur yang lebih panjang, bahkan tidak hanya di Tol Trans Jawa.

Tidak sedikit dari pemudik yang akhirnya memilih untuk menggunakan jalur selatan sebagai pilihan. Tidak disangka, ternyata arus balik di jalur selatan juga mengalami lonjakan volume kendaraan loh. Karena hal ini lah Polres Brebes juga mengadakan kebijakan.

Polres Brebes memberlakukan sistem one way pada Minggu, (09/06) sore untuk mengurai kemacetan di Jalur Ajibarang - Pejagan. Padatnya arus lalu lintas di jalur selatan ternyata di padati oleh pemudik yang akan kembali bekerja pada Senin, (10/06).

Baca Juga: Rest Area Saat Arus Balik Di Tutup? Ini Tempat Isi BBM Alternatif

"Pemberlakuan One Way dilakukan disesuaikan kondisi lapangan, apabila ada peningkatan jumlah arus mudik mulai dari arah Ajibarang menuju Pejagan mengalami peningkatan, kita berlakukan One Way," ujar Kapolres Brebes melalui kasubbag Humas Polres Brebes Iptu Umi Antum.

Padatnya arus lalu lintas selain karena kapasitas jalan yang tidak mampu menampung jumlah arus balik, penyebab lainnya adalah banyaknya aktivitas pasar dan masyarakat yang sudah mulai. Sehingga berbagai pihak menghimbau untuk selalu berhati-hati selama perjalanan, dan utamakan keselamatan.

Baca Juga: Ini Fungsi D+ Dan D- Pada Mobil Matik

"Istirahat saat badan kita mengalami kelelahan, baik ngantuk maupun kelelahan di perjalanan jangan sampai dipaksakan," himbau Umi.

Biasanya, pemudik juga identik dengan mengangkut barang bawaan berlebihan hingga diluar kapasitas, baik roda empat maupun roda dua. Polres Brebes juga menghimbau agar pemudik tidak membawa muatan yang berlebihan dan mengakibatkan kendaraan menjadi tidak stabil.

"Gunakan barang bawaan seperlunya saja saat mudik, nanti malah membahayakan dirinya sendiri dan orang lain," tutupnya.