POPULAR STORIES

Super Car Sangat Mahal Di Indonesia Karena Alasan Ini

Super Car Sangat Mahal di Indonesia karena Alasan Ini Lamborghini Huracan (istimewa)

KabarOto.com - Berbeda di negara-negara maju maupun berkembang lainnya, harga super car di Indonesia tergolong super mahal. Bila dibanding dengan Jepang, Australia, Inggris, Jerman maupun negara lainnya, harga mobil mewah di sana relatif terjangkau.

Lantas apa penyebab dan pertimbangan yang menjadikan mobil-mobil mewah tersebut menjadi mahal ketika masuk ke Tanah Air? Ada beberapa faktor, di antaranya pajak maupun biaya-biaya lainnya.

Baca Juga:

Menanggapi hal itu, Rudy Salim, Presiden Direktur Prestige Image Motorcars mengungkapkan, pajak bea masuk Indonesia sangat mahal. Bahkan, tahun ini biaya tersebut ditambah sehingga mobil sekelas Lamborghini Hurracan untuk biaya masuknya sampai Rp7,2 miliar.

"Pajak Hurracan itu harusnya (sebelum ada perubahan bea masuk) Rp 5,3 miliar, di luar harga mobil. Itu hanya pajaknya saja ya, belum biaya lainnya. Nah, lalu pajak masuk ini ada koreksi CIF (Cost, Insurance, and Freight) dari pemerintah. Terkena PPnBM, PPN 10%, PPH, dan sebagainya sehingga harga masuk itu tadi naik jadi Rp 7,2 miliar," katanya kepada awak media di Jakarta, Jumat (15/12/2017).

"Jadi benar-benar berat. Oleh karena itu, harga mobil seperti ini mahalnya sangat keterlaluan. Ini (kenaikan biaya masuk) yang berlaku pada tanggal 4-5 kemarin (November)," lanjut Rudy.

Maka, dengan penambahan tersebut mobil yang di luar negeri hanya Rp 4-5 miliar, ketika disesuaikan dan masuk Indonesia banderolnya mencapai Rp 17 miliar.

"Dengan penambahan itu, maka mobil yang tadinya di luar negeri terjangkau (hanya kisaran Rp 4 sampai 5 miliar), ketika disesuaikan dan masuk sini jadi tidak wajar. Misalkan saja Rolls-Royce Phantom Metropolitan itu, di luar Rp 7 sampai 8 miliar. Tapi di Indonesia, Rp 25 miliar karena ada penyesuaian itu tadi," ujar Rudy.

"Jadi bener-bener berat. Seharusnya pemerintah itu memudahkan kita karena kan ketika masyarakat beli, dia akan buat STNK. Nah ini aja yang dimahalin," tutupnya.