POPULAR STORIES

Alfa Romeo Tonale 2022, Hadirkan Teknologi Terkini

Alfa Romeo Tonale 2022, Hadirkan Teknologi Terkini Sumber Foto : Alfa Romeo

KabarOto.com – Manufaktur mobil asal Italia, Alfa Romeo baru-baru ini meluncurkan SUV kompak yaitu Alfa Romeo Tonale 2022.

Sebelumnya pada 2019, pihak Alfa Romeo memamerkan Tonale sebagai mobil konsep dengan penggerak Plug-in Hybrid (PHEV). Memulai tahun 2022, akhirnya SUV canggih itu meluncur berteknologi PHEV dan dibekali fitur terkini.

Baca Juga : Dibanderol Mulai Rp 468 Jutaan, Toyota Corolla Altis Resmi Meluncur

Secara tampilan, SUV ini hadirkan desain khas dengan gril serta lampu sipit khas Alfa Romeo. Di bagian lampu utama, memiliki tiga proyektor LED dengan LED DRL berbentuk U-shaped. Bagian samping, tidak banyak aksen berlebihan hanya sedikit add-on bodi berwarna hitam plastik untuk mempertegas kesan tangguh.

Simak bagian belakang, aksen plastik tersebut menyambung hingga bumper belakang dengan diffuser serta mata kucing. Lalu, bagian lampu mirip bagian depan dengan tiga LED berbentuk huruf “U” yang menyambung.

Melirik bagian interior, terlihat desainnya sangat sporty dengan lingkar setir model flat-bottom. Lingkar kemudi ini dilengkapi dengan berbagai tombol seperti pengaturan audio, MID, cruise control, paddle shift, dan mode berkendara. Instrumen kluster 12,3 inci ini memiliki dua jarum besar dengan MID full TFT display.

Ke bagian tengah, ada head unit 10,3 inci touchscreen yang disebut Stellantis dengan fitur Uconnect 5 infotainment system. Head unit ini memiliki koneksi nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto dan fitur wireless charging sebagai standar. Tidak hanya itu, mobil ini dapat terkoneksi melalui aplikasi Alfa Connect App yang mampu mematikan/menghidupkan mesin serta mengunci/membuka pintu melalui smartphone Sobat.

Baca Juga : MINI Brick Lane Edition Terbatas Untuk 3 Model

Uniknya, Tonale menjadi mobil pertama yang mampu terkoneksi dengan NFT digital, diklaim dapat merekam data kendaraan sepanjang siklus hidup mobil. Dan bertindak sebagai sertifikat bahwa Tonale telah dirawat dan diservis dengan benar.

Bicara soal performa, SUV ini dibekali beberapa pilihan mesin yaitu empat silinder Hybrid VGT (Variable-Geometry Turbo) 1.300 cc yang mampu menghasilkan tenaga 272 dk jika digabungkan dengan motor listrik. Motor listrik ini didukung oleh baterai lithium-ion 15,5 kWh, dan tenaga tersebut disambung ke tranmisi kopling ganda 7 percepatan.

Selain hybrid, ada pilihan mesin lain yaitu empat silinder turbocharged 2.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga 256 dk dengan torsi 399 Nm, tenaga tersebut disalurkan ke semua roda melalui transmisi otomatis 9 percepatan. Terakhir, pilihan mesin empat silinder turbodiesel 1.600 cc yang memiliki tenaga 130 dk dengan torsi 320 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi kopling ganda TCT 6 percepatan.

Baca Juga : Kenalan Singkat Dengan Sejarah Lykan Hypersport

Dalam keadaan standar, mobil ini sudah dilengkapi adaptif cruise control, lane-keep assist, dan pengereman darurat otomatis. Selain itu, fitur Traffic Jam Assist mampu mengarahkan pengemudi dan mengatur kecepatan di jalan raya.

Alfa Romeo Tonale 2022 hadir dalam tiga varian yaitu Level, Sprint, and Veloce. Bicara soal penjualan dan harga, sayangnya pihak pabrikan belum menyinggung nih Sob. Jadi kita tunggu saja kepastiannya!