Kenalan Singkat Dengan Sejarah Lykan Hypersport

Kenalan Singkat dengan Sejarah Lykan Hypersport

KabarOto.com – Nama Lykan Hypersport tentu sudah dikenalkan di kalangan para pecinta mobil kencang. Mobil ini semakin terkenal karena sempat menghiasi film Furious 7 dan scenenya cukup ikonik saat mobil itu lompati dua gedung.

Nama Lykan sendiri diambil dari mitos serigala buas, sementara Hypersport adalah status mobil sport yang diproduksi oleh W Motors. Sebuah perusahaan yang berbasis di Uni Emirat Arab, dibuat pada tahun 2012 di Lebanon dengan kolaborasi antara insinyur Lebanon dan Italia, Ralph Debbas, Anthony Jannarelly, dan Benoit Freylon.

Ini adalah mobil sport pertama yang dirancang dan diproduksi secara lokal di Timur Tengah. Serta secara eksklusif dibuat dalam jumlah sangat terbatas yakni hanya tujuh unit di dunia.

Baca Juga : Tenaga Medis Dubai Gunakan Lykan Hypersport Sebagai Ambulans

Lykan Hypersport pertama kali diperlihatkan di Qatar Motor Show tahun 2013. Mobil ini memiliki panjang 4.480 mm, lebar 1.944 mm, dan tinggi 1.170 mm, sumbu rodanya 2.265 mm, dengan bobot hanya 1.380 kg atau hampir sama dengan sebuah Honda HR-V.

Bobotnya bisa direduksi akibat penggunaan material serat karbon yang ringan dan kuat. Mobil ini juga sudah menggunakan teknologi LED pada kala itu, dengan dihiasi 440 berlian di bagian headlamp-nya.

Untuk kaki-kaki, Lykan menggunakan pelek forged ringan dengan ukuran 19 inci lebar 8,5 di depan, dan 20 inci lebar 12,5 di belakang. Dibalut ban 255/35 R19 depan dan 335/30 R20 belakang. Di balik pelek ada big brake kit kaliper enam piston, serta ukuran rotor 380 mm demi menjinakkan lari liarnya, ditambah sistem ABS dan traction control sebagai pengaman.

Sementara suspensi bagian depannya menggunakan McPherson Strut dan belakang Multi-link dengan coilver horizontal, serta baik depan dan belakang sudah diaplikasikan anti roll bar.

Baca Juga : Mercedes-AMG GT 63 S E Performance, Berani Lawan Hypercar

Soal mesinnya W Motors membekali mesin Boxer enam silinder twin turbocharger berkapasitas 3.756 cc, konfigurasi mesin tengah, dengan sistem pembuangan stainless steel, serta ada fitur valvetronic. Tenaga bisa mencapai 780 dk dan torsi maksimal 960 Nm.

Lantas tenaga itu disalurkan melalui transmisi dual clutch tujuh percepatan LSD, ke roda belakang. Menciptakan akselerasi kilat 0-100 kpj tuntas dalam 2,8 detik dan kecepatan maksimalnya 395 kpj.

Di dalam kabin, memang bukan yang tercanggih mengingat tahun pembuatannya sudah cukup lama. Namun tetap kesan mewah tidak bisa dihilangkan, mulai dari panel karbon, kursi karbon, lalu sistem keselamatan dua airbag di depan dan samping. Pengaturan spion dan power window sudah otomatis.

Fitur hiburan lainnya disematkan seperti AC auto climate, trip computer, bluetooth telephone, navigasi satelit, 3G internet router, layar 9 inci untuk holographic mid-air display, dan 11 inci layar infotainment yang tampilannya bisa dikustom, MP3 player, serta speaker premium siap memanjakan pemiliknya.

Soal harga, banderol mobil ini bisa mencapai Rp 33 miliar. Namun belum tentu jika Sobat KabarOto punya uang bisa membelinya, mengingat unitnya hanya tujuh di dunia. Harus tunggu ada sultan sebagai salah satu dari pemilik sudah bosan, ya!