POPULAR STORIES

All New Acura TLX 2021 Gunakan Airbag Canggih Kurangi Risiko Cedera Otak

All New Acura TLX 2021 Gunakan Airbag Canggih Kurangi Risiko Cedera otak Acura TLX 2021 (Honda)

KabarOto.com - Perusahaan otomotif Jepang yang merupakan divisi mobil mewah dari Honda, yakni Acura, berencana meluncurkan sebuah sedan sporty All New Acura TLX 2021, di Amerika Serikat pada musim gugur tahun ini.

Cangihnya, All New Acura TLX dilengkapi dengan fitur First Passenger Front Airbag, yang didesain khusus mengurangi cedera otak akibat benturan dari arah depan samping, yang berpotensi membuat kepala pengendara terputar dan menyebabkan cedera serius.

Baca Juga: Jaguar Land Rover Donasikan 160 Mobil Untuk Melawan Covid-19

Teknologi tersebut dibangun berdasarkan penelitian mengenai cedera otak yang dipelajari oleh saintis di Badan Transportasi Amerika, yang menghasilkan metodologi Brain Injury Criteria (BrIC) untuk mengukur tingkat cedera otak dalam sebuah kecelakaan.

Diklaim sebagai teknologi pertama di dunia

"Saya sangat bangga melihat bagaimana tim insinyur kami melakukan penelitian terhadap cedera otak, kemudian melahirkan sebuah pencapaian yang penting dalam sejarah desain airbag," ujar Jim Keller, President Honda R&D America.

Dibandingkan penggunaan Single Inflatable Chamber (satu kantong airbag) yang biasanya terdapat pada airbag konvensional, desain airbag terbaru dari Acura beroperasi seperti sarung tangan penangkap bola baseball.

Pertama, satu kantong yang tidak mengembang akan menangkap kepala pengendara dari sisi depan, sehingga mengurangi tekanan ke kepala saat terjadi benturan. Di saat yang bersamaan, dua kantong lainnya yang ada di sisi kiri dan kanan akan ikut mengembang.

Cara kerja mirip penangkap bola baseball

Efeknya, kepala pengendara akan terlindungi benturan fatal, sekaligus mencegah kepala terpuntir yang dapat menyebabkan cedera serius. Dengan fitur ini, All New Acura TLX menargetkan untuk meraih 5 bintang dalam uji fitur keselamatan.

Baca Juga: Profil - BMW I8 Roadster

Setidaknya, ia akan berhasil mencapai nilai "Good" dalam seluruh uji tabrak dan "Superior" khusus untuk uji tabrak depan melalui ajang New Car Assessment Program (NCAP) yang digelar oleh Badan Keselamatan Lalu Lintas Amerika.

"Acura TLX terbaru merupakan salah satu rancangan tim kami di Ohio, guna mewujudkan inovasi dan menciptakan masyarakat yang lebih aman dan bebas dari kecelakaan," pungkas Jim Keller.