All New Civic Turbo Pakai Air Suspension, Ini Yang Perlu Diperhatikan

All New Civic Turbo Pakai Air Suspension, Ini yang Perlu Diperhatikan Tak ada penambahan apapun selain tangki, kompresor, balon, suspensi, dan selenoid. Daniel menghabiskan dana Rp 4,5 juta (Foto: Kipli)

KabarOto.com - All New Honda Civic Turbo memang saat ini masih sangat sedikit versi modifikasinya. Namun ternyata mobil ini menjadi salah satu model yang menjadi sasaran empuk bagi modifikator dan pemiliknya.

Foto: RZR Garage

Sebut saja RZR Garage dari bilangan Rawamangun, Jakarta Timur yang belum lama ini melakukan instalasi suspensi udara pada All New Civic Turbo berkelir putih. "Suspensi udaranya custom, tapi sebelum datang ke bengkel sini memang sudah bermasalah seperti kadang-kadang bocor," ujar Daniel dari RZR Garage.

Ia melanjutkan kalau masalah lain dari suspensi udara tersebut adalah ground clearance dan ride height yang kurang pendek di bagian depan meski sudah di setting zero alias paling kandas. "Akhirnya kita reparasi dan custom ulang," jelasnya.

Baca Juga: Honda Civic Estilo SR3 Ini Hasil Cangkokan S2000 Dan Integra Type R!

Selain itu, Daniel pun menjelaskan, tiap mobil punya punya konstruksi kaki-kaki terutama suspensi yang berbeda. "Saya sempat kaget lihat konstruksi suspensi Civic ini sokbrekernya nempel di knuckle seperti mobil Eropa, beda sama Jepang biasanya," ucapnya.

Daniel menambahkan kalau mobil ini memiliki break down pada suspensi belakangnya, "Untuk pemasangan balonnya agak susah terutama di bagian belakang, karena jarak travel arm belakangnya pendek banget. Jadi untuk dipendekkan banget bisa, tapi untuk ditinggikan memang harus ekstra effort untuk memikirkannya," katanya.

Foto: RZR Garage

Meskipun begitu, untuk ride height standarnya sudah di setting oleh Daniel untuk bisa melewati polisi tidur dan jalanan yang rusak, "Untuk fitur airsus ini 2 channel manual pakai switch biasa, sengaja saya desain bisa lewati obstacle, karena ownernya tinggal di Karawang, Jawa Barat. Permukaan jalannya enggak bisa diprediksi," tukasnya.

Tak ada penambahan apapun selain tangki, kompresor, balon, suspensi, dan selenoid. Daniel menghabiskan dana Rp 4,5 juta untuk membuat suspensi udara tersebut menjadi bekerja sempurna di All New Civic Turbo.

Wah.. mau coba?