POPULAR STORIES

All New Honda Civic Type R FL5 Cetak Rekor Di Sirkuit Suzuka

All New Honda Civic Type R FL5 Cetak Rekor di Sirkuit Suzuka All New Honda Civic Type R (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - All New Honda Civic Type R FL5 mencetak rekor sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di Sirkuit Suzuka, Jepang. Di mana sedan paling bertenaga ini mencatatkan waktu putaran tercepat 2 menit 23,120 detik, hasil ini sekaligus mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Honda Civic Type R.

Soal performa, All New Honda Civic Type R FL5 dibekali mesin VTEC Turbocharged berkapasitas 2.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga 314 dk d0 6.500 rpm dan torsi 420 Nm di 2.600-4.000 rpm.

Mesin tersebut dipadukan transmisi manual 6 percepatan yang telah disempurnakan oleh Rev Match System sehingga memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi.

Baca Juga: 15 Unit All New Honda Civic Type R FL5 Terjual, Antrian Sudah 95 Unit

Di atas kertas, All New Honda Civic Type R mempunyai kecepatan maksimal hingga 272 kpj, di mana sedan sport ini mampu mencatatkan waktu 5,5 detik untuk mencapai kecepatan 100 kpj.

Tidak hanya Sirkuit Suzuka, Civic Type R juga pernah mengukir waktu tercepat di Sirkuit Nurburgring Nordschleife, Jerman, pada 2017 lalu. Dengan waktu 07 menit 43,80 detik, All New Civic Type R mencatat waktu lebih cepat 3 (tiga) detik dibandingkan pemegang rekor sebelumnya.

Untuk mendukung performa tersebut, All New Honda Civic Type R dilengkapi dengan adaptive damper, suspensi depan Dual axis strut, suspensi belakang Multi-link rear, serta kemudi Dual Pinion EPS yang responsif dan stabil pada kecepatan tinggi.

All New Honda Civic Type R FL5 masih menggunakan Dual Pinion Variable-ratio Electric Power-Assisted (EPS) Rack and Pinion Steering serta menghadirkan empat mode berkendara yaitu Normal, Comfort, Sport dan +R. Selain itu, mobil ini telah menggunakan Honda Smart Key Card.

Baca Juga: Body Kit Varis Upgrade Tampilan Honda Civic Type R 2023

Bukan hanya itu, All New Civic Type R kini memiliki fitur Honda LogR Datalogger System sebagai panduan berkendara yang juga dapat diatur secara personal dan berfungsi untuk mencatat dan menganalisis catatan waktu pengemudi secara akurat.

Fitur ini juga dapat memberikan panduan serta data informasi yang akurat bagi pengemudi ketika berkendara di atas lintasan sirkuit seperti Gear Position Display, Tachometer, G-Meter, Boost Pressure, Brake Pressure hingga Tire Friction Circle.