Alpina Meluncurkan B5 Dan D5 S, Versi Buas BMW Seri-5

Alpina Meluncurkan B5 dan D5 S, Versi Buas BMW Seri-5 Sumber Foto : Alpina

KabarOto.com – BMW Seri-5 G30 meski hanya mendapat sedikit sentuhan tapi tak dikesampingkan oleh Alpina Burkard Bovensiepen GmbH & Co. KG, untuk ditingkatkan lagi tampilan dan performanya. Hasil modifikasi diklaim tenaganya setara dengan M5 Competition untuk menaklukkan Autobahn alias jalan tol.

Alpina memberikan opsi B5 dengan varian sedan dan touring begitu pula dengan mesin diesel D5 yang harganya masih terjangkau.

Baca Juga : Generasi Kedua BMW Seri 4 Coupé, Memukau

Alpina B5 Sedan

Modifikasi dari Alpina memang selalu fokus pada performa, merekayasa mesin V8 twin-turbo berkapasitas 4.400 cc. Tak ditampik berbasis dari BMW M550i, tenaganya naik menjadi 621 dk dan torsi 800 Nm, dari sebelumnya hanya 522 dk dan 750 Nm. Performa besar tersebut disalurkan ke semua rodan dan disambung ke transmisi otomatis 8 percepatan yang sudah di tingkatkan.

Tenaga tersebut hampir mendekati M5 Competition yang memiliki figur tenaga 625,25 dk dan torsi 750 Nm. Dari hasil tes, Alpina klaim akselerasi 0-100 kpj untuk B5 sedan tuntas dalam 3,4 detik sementara untuk varian touring 3,6 detik saja. Sementara untuk BMW M5 competition hanya memerlukan 3,1 detik.

Walaupun hanya berbeda sedikit dengan M5 Competition, Alpina B5 diciptakan untuk menaklukan Autobahn. Karena, kecepatan maksimalnya bisa mencapai 330 kpj untuk sedan dan 322 kpj untuk varian touring.

Alpina D5 S

Sementara untuk varian diesel D5 S yang berbasis dari 540d, mesin dieselnya juga tidak kalah menarik Sob! Menggendong mesin enam silinder turbo diesel berkapasitas 3.000 cc yang sudah di upgrade ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 408 dk dan torsi 800 Nm dari 335 dk dan torsi 700 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke semua roda dan disambung ke transmisi otomatis 8 percepatan.

Baca Juga : BMW Seri 3 Diesel Paling Buas Garapan Alpina

Dari hasil tes 0-100 kpj dapat dicapai 4,4 detik untuk sedan dan 4,6 detik untuk touring. Kecepatan maksimalnya, varian sedan dapat menembus 286 kpj sementara varian touring mampu berlari hingga 283 kpj.

Tampilan Mesin Alpina D5 S

Untuk memperoleh handling yang lebih baik bagian kaki-kaki juga ikut diubah, dengan menyematkan adjustable damper untuk mengatur kompresi dan bantingan suspensi dan menggunakan ulir per rendah dan kaku. Selain itu, fitur variable sport steering system berikut dengan rear wheel steering yang membuat ban belakang bisa berbelok hingga 2,3 derajat.

Jika konsumen tidak puas, Alpina memberikan opsi limited-slip differential yang bertujuan untuk mengurangi gejala selip pada putaran roda.

Bagian eksterior tidak terlalu banyak diubah, hanya menggunakan bodi kit dan pelek Alpina Classic multispoke alloy ukuran 20 inci yang dibalut ban Pirelli P Zero.

Adapun interiornya, panel instrumen digital lansiran Alpina. Dan, kustomisasi interior sesuai keinginan konsumen, termasuk jok kulit yang menggunakan bahan dari Lavalina.

Baca Juga : Alpina XB7 Resmi Meluncur, Versi Buas Dari BMW X7

Bicara soal harga untuk B5 sedan mulai dari EUR117,7 ribu atau setara Rp1,89 miliar. Sementara varian touring EUR120,7 ribu atau setara Rp1,94 miliar. Sedangkan untuk D5 S sedan mulai dari EUR92,5 ribu atau setara Rp1,48 miliar dan touring EUR95,5 ribu atau setara Rp1,53 miliar.

Mobil ini akan mulai dipasarkan di Jerman mulai bulan Oktober mendatang. Jadi bagaimana Sob, tertarik?

Berita Terkait

Berita Terkait