Amplifier Buatan Anak Bangsa Ini Kualitasnya Tak Kalah Dari Produk Luar

Amplifier Buatan Anak Bangsa Ini Kualitasnya Tak Kalah dari Produk Luar Amplifier buatan lokal

KabarOto.com - Produk anak bangsa, terkadang dipandang sebelah mata oleh masyarakat Indonesia. Kebanyakan dari mereka lebih menyanjung buatan negara lain yang kualitasnya belum tentu lebih baik dari buatan lokal.

Seperti amplifier untuk audio mobil. Masyarakat menengah ke atas lebih memilih menggunakan barang impor, karena dinilai kualitas suara yang dihasilkan lebih baik. Namun, semua itu hilang saat sebuah amplifier bernama Crescendo Revolution 5A4 masuk untuk menyapa pencinta audio di Indonesia.

Baca juga: Bisnis Audio Plus Group Menggeliat Saat Pandemik Covid-19

Amplifier tersebut dibuat oleh pria kelahiran kelahiran Malang tahun 1979, Andreas Tjahjadi, sekaligus Founder dan CEO Audio Plus Group Indonesia. Proses sketsa dan skema awal dilakukan sendiri oleh Andreas bersama teamnya.

"Untuk menjaga kualitas produk tetap terjaga, proses perakitan produk dan final QC dilakukan oleh team khusus dari Audio Plus di di Kebun Jeruk, Jakarta Barat," terang Andre kepada KabarOto. Amplifier ini proses kerjanya memperbesar signal suara sehingga audio bisa didengarkan dengan volume tinggi tanpa mengalami distorsi, atau istilah awamnya, sember.

Amplifier ini memberi peran besar dalam mengontrol kerja speaker. "Amplifier yang baik bukan hanya bisa membunyikan dan melontarkan speaker dengan cepat, tetapi juga bisa menariknya kembali sehingga suara yang dihasilkan tidak bergaung," tuturnya.

Menurut Andre amplifier yang baik juga mempunyai rentang nada yang lebar, sehingga semua tereproduksi dengan lengkap, tidak ada yang hilang. "Terlebih lagi, semua nada tersebut berimbang (balance)," tambahnya.

Selain itu semua, amplifier yang baik memberikan karakter musik live pada suara yang dihasilkan sehingga bisa dinikmati secara maksimal oleh pendengar.

Sejak soft launching produk pada akhir juli 2021 lalu, Revolution 5A4 sudah digunakan pada berbagai jenis mobil, seperti BMW X5, Toyota Innova, Honda Jazz hingga Daihatsu Sigra.

Lalu bagaimana Andre mayakini jika produk lokal ini kualitasnya bagus? Beberapa hal yang dia dan timnya lakukan, dengan meyakinkan konsumen, bahwa produk buatan Tanah Air ini tidak kalah bahkan bisa melebihi kualitas dari produk luar negeri.

Baca juga: Ground Zero, Speaker Mobil Asal Jerman Dijual Rp4 Jutaan

"Sejak tahun 2004 team kami rutin mengikuti berbagai ajang perlombaan atau kompetisi audio mobil, baik level nasional maupun internasional," tuturnya. Terbukti puluhan mobil yang menggunakan produk Crescendo Audio, terpilih sebagai pemenang.

"Bahkan pada tahun 2018 kami mendapatkan gelar King of Sound Quality Asia pada perhelatan EMMA ASIA," jelas Andre. Selain itu, mereka juga aktif berpartisipasi pada pameran-pameran otomotif. Seperti membuka booth di event the Hong Kong Trade Development Counclip.

Produk-produk dari Crescendo sendiri, menurut dia sudah di ekspor sejak 2010 ke berbagai negara seperti Australia, Singapore, Filipina, Rusia, Finlandia, Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya.