POPULAR STORIES

Anak Perusahaan Volkswagen Uji Coba Kotak Pengisi Daya Mobil Listrik

Anak Perusahaan Volkswagen Uji Coba Kotak Pengisi Daya Mobil Listrik

KabarOto.com – Volkswagen Group Components menghadirkan Wallbox DC yang merupakan kotak dinding yang dapat mengisi daya mobil listrik secara cepat hingga 22 kW.

Meskipun masih tahap uji coba, teknologi ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan mobil listrik secara praktis jika nantinya akan diproduksi secara massal.

Mark Möller, Kepala Divisi Pengembangan Teknis & Mobilitas Listrik Volkswagen Group Components mengatakan, "Seperti stasiun pengisian cepat fleksibel kami dan prototipe visioner dari robot pengisian daya seluler, kotak dinding DC adalah salah satu inovasi masa depan dari rangkaian pengisian daya untuk kendaraan listrik.”

Baca Juga : Renault Jadi Pabrikan Dengan Penjualan Mobil Listrik Terlaris Di Eropa

Dengan teknologi ini, kendaraan listrik dapat melakukan pengisian daya hingga 22 kW, atau dua kali lipat dari kecepatan wallbox biasa. Pada teknologi pengisian berbasis arus searah, listrik mengalir langsung ke baterai traksi timbal, asalkan kendaraan listrik tersebut dilengkapi port pengisian gabungan sistem pengisian (CCS).

Tidak seperti sistem yang didasarkan pada arus bolak-balik, kendaraan listrik diisi daya secara terpisah dari pengisi daya terintegrasi yang membatasi kapasitas pengisian.

Di sisi lain, mengisi daya baterai traksi timbal dengan arus searah, meningkatkan kapasitas pengisian potensial jika dibandingkan dengan arus bolak-balik. Oleh karena itu, proses pengisian daya dapat dipersingkat secara signifikan.

Baca Juga : Audi A3 Sportback 45 TFSI E Bisa Menantang Sportscar

Di masa mendatang, kendaraan listrik yang memiliki fungsi ini dapat, misalnya, berfungsi sebagai unit penyimpan daya untuk rumah pribadi atau sebagai penyangga jaringan listrik. Saat ini, perusahaan telah memulai fase uji coba di lokasi pabriknya di Wolfsburg, Braunschweig, Hannover, Salzgitter, dan Kassel dengan 20 kotak dinding DC.

Volkswagen Group Components bertanggung jawab atas pengembangan dan pembuatan komponen strategis. Perusahaan ini bekerja untuk mengembangkan dan memproduksi komponen kendaraan, membentuk topik masa depan seperti infrastruktur pengisian daya dan daur ulang baterai.