POPULAR STORIES

Andrian Newey Menegaskan Elemen Kecil Desain RB20 Kunci Peningkatan Performa

Andrian Newey Menegaskan Elemen Kecil Desain RB20 Kunci Peningkatan Performa Foto: Formula 1

KabarOto.com - Kunci sukses peningkatan performa di Red Bull Racing RB20. selain desain utamanya juga beberapa elemen kecil yang memengaruhi. Adrian Newey selaku perancang mobil tersebut, merinci jika ada ubahan kecil di RB20 memiliki peran kunci.

Red Bull Racing memberikan kejutan kepada seluruh tim Formula 1, ketika mereka meluncurkan mobil andalan musim 2024 yakni RB20. Dari segi desain memang mengalami ubahan yang jauh berbeda dari mobil musim sebelumnya.

Baca Juga: Drama Red Bull Racing, Max Verstappen Ancam Hengkang

Adrian Newey tidak mau merinci desain kecil yang berpengaruh tersebut

Konsep desain dengan perubahan filosofi aerodinamis, banyak menyebut jika RB20 mengadopsi konsep zero sidepod yang Mercedes AMG Petronas gunakan musim 2022. Walaupun gagal konsep tersebut di Mercedes, namun Adrian Newey menemukan solusi terbaiknya.

Adrian Newey juga menegaskan jika bagian mobil yang tidak terlihat mungkin memiliki peran penting dari segi performa, “Arsitektur yang mendasari mobil ini adalah evolusi generasi ketiga dari apa yang dimulai sebagai RB18, di mana selain radiator, kami membawa segalanya yakni tata letak suspensi depan, suspensi belakang, transmisi dan bodi ini adalah evolusi ketiga dari RB18," jelas Adrian Newey dalam wawancara podcast F1 Nation.

Terbukti jika RB19 mendominasi di 2023, Max Verstappen meraih 19 kemenangan dan memecahkan rekor dalam perjalanannya menuju kejuaraan dunia ketiganya.

Baca Juga: Sidepod Red Bull Racing RB20 Bikin Penasaran

Desain sidepod RB20 yang bikin penasaran tim lain

Merevisi dan studi untuk pengembangan RB20, dari RB19 yang kurang greget di Singapura dengan karakter sirkuit dengan banyak belokan dan kecepatan rendah. Di sini RB19 kesulitan dan akhirnya Adrian Newey melakukan riset yang kemudian diterapkan pada RB20.

“Bagian-bagian yang terlihat, yang cukup menarik perhatian, jelas kami mengejar peningkatan aerodinamis di sana. Perubahan visual sebenarnya jauh lebih besar daripada perubahan performa yang Anda dapatkan darinya. Hal lain yang lebih halus dan tidak disadari orang mungkin bertanggung jawab atas keuntungan yang lebih besar," tutup Adrian Newey.