Angka Makin Tinggi, Jokowi Ingin PSBB Lagi?

Angka Makin Tinggi, Jokowi Ingin PSBB Lagi? Foto: Wandha/KO

KabarOto.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, ingin ada tindakan pengendalian mobilitas warga di perbatasan dan perjalanan transportasi lintas wilayah. Hal ini disebabkan kasus virus Corona atau Covid-19 di Tanah Air yang melonjak beberapa hari terakhir.

"Pengendalian wilayah perbatasan dan perjalanan serta transportasi lintas wilayah, ini betul-betul kita harus jadikan perhatian lagi," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Senin (13/7/2020) dikutip dari Antara.

Jokowi melihat, kasus positif Corona dari luar negeri akhir-akhir ini meningkat. Hal tersebut dinilai perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona. "Karena imported case dari luar negeri juga kita lihat meningkat," ucap dia.

Baca Juga: Ini Toko Onderdil Otomotif Yang Buka Selama PSBB

Jokowi juga meminta jajarannya untuk fokus melakukan testing, tracing, dan treatment untuk menekan jumlah kasus Covid-19 di sejumlah daerah. Ada 8 provinsi yang mendapat perhatian khusus dari Jokowi.

"Tetap pada concern kita untuk memasifkan 3T, testing, tracing, dan treatment dengan prioritas khusus testing, tracing, dan treatment ini di 8 provinsi yaitu Jatim, DKI Jakarta, Jabar, Sulsel, Jateng, Sumut, dan Papua," jelas Jokowi.

Jokowi meminta agar tes terkait virus Corona melalui metode polymerase chain reaction (PCR) semakin ditingkatkan. Caranya, kata dia, dengan memperbanyak jumlah laboratorium di daerah-daerah serta mobile lab PCR.