POPULAR STORIES

Apa Pentingnya Setel Klep, Menambah Performa?

Apa Pentingnya Setel Klep, Menambah Performa?

KabarOto.com – Isitilah setel klep sudah menjadi bahasa awal bagi para pecinta modifikasi mobil khususnya performa. setel klep diyakini bisa menambah tenaga mobil agar tarikannya semakin enteng dan bertenaga. Namun apakah benar begitu? Begini penjelasannya.

“Sebenarnya tidak semua mobil bisa disetel, kalau mobil Honda rata-rata memang bisa. Namun itu hanya bersifat perawatan,” ujar Yuda Resigama selaku Owner AHT Garage.

Dok : Honda-tech

Baca juga: Sering Isi Bahan Bakar Di Bawah Ketentuan Oktan? Ini Akibatnya

Setel klep biasanya dilakukan untuk mobil yang jarak tempuhnya sudah tinggi. Jadi jarak klep mobil disetel lagi seperti kondisi semula mobil, agar performa kembali optimal.

“Kalau dibilang setel klep bisa lebih kencang, mungkin karena balik ke kondisi semula. Contohnya, mobil keluar dari pabrik pasti optimal, namun seiiring kita pakai pasti mengalami penurunan tenaga. Lalu dengan setel klep tenaga kembali seperti semula,” jelas pria ramah itu.

Lalu berapa jarak ideal kita harus setel klep mobil? Jawabannya sekitar 20.000 hingga 30.000 km, atau bisa para pemilik mobil lihat di buku manual.