POPULAR STORIES

Apakah Ada Batasan Tambalan Dalam Sebuah Ban? Ini Jawabannya

Apakah Ada Batasan Tambalan Dalam Sebuah Ban? Ini Jawabannya Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Kita sebagai pemilik mobil biasanya pasti pernah mengalami ban bocor, karena terkena ranjau paku, atau batu kerikil dan sebagainya. Kalau bocornya tidak terlalu parah, itu bisa ditambal, namun apakah ada batasan tambalan dalam sebuah ban?

Jika ban sudah ada tambalan, berarti ban itu pernah mengalami cacat atau bolong. Tapi kalau di sebuah ban sudah memiliki beberapa tambalan, apa itu akan mengurangi kualitas ban itu sendiri? Jawabannya tidak berpengaruh, dan tidak masalah berapapun tambalannya.

Baca Juga : Pakai Ban Semi Slick Untuk Harian? Bisa Tapi Ini Konsekuensinya

Memang ban bocor pasti akan cacat karena artinya ban itu bolong, namun sebenarnya paling penting adalah hasil tambalannya sempurna, baik menggunakan tambal cacing, atau dari dalam atau tiptop asal tidak bocor lagi itu aman.

Selain itu jika sudah banyak tambalan misalnya lebih dari 3 tambalan, kalian bisa lakukan pemeriksaan kondisi ban dengan cara balancing. Jika di-balancing hasilnya bagus, artinya ban itu aman digunakan.

Baca Juga : Jangan Kurangi Tekanan Angin Ban Saat Hujan

“Tidak ada batas jumlah tambalan pada ban, yang penting tambalannya sempurna, tidak terjadi kebocoran lagi, kalau sudah banyak tambalan, disarankan dilakukan balancing, agar pemakaian lebih nyaman, tidak terjadi vibrasi atau shimmy,” ujar Zulpata Zainal selaku On Vehicle Test Manager, PT Gajah Tunggal Tbk.