POPULAR STORIES

Aprilia Sudah Memberikan Kemajuan Di MotoGP Qatar 2021

Aprilia Sudah Memberikan Kemajuan di MotoGP Qatar 2021 Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap tim Aprilia Gresini, Aleix Espargaro meraih posisi ke-7 pada MotoGP Qatar 2021, Minggu (28/3).

Walaupun Aleix hanya finis diposisi ke-7 hasil ini memiliki arti spesial bagi skuad asal Noale, Italia tersebut. Dalam lomba GP Qatar yang berdurasi 22 lap (118,36 km) tersebut, Aleix mencatat total waktu 42 menit 34,597 detik alias terpaut 5,934 detik dari podium pertama, Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha).

Baca juga: Jack Miller Alami Kesulitan Di MotoGP Qatar 2021, Ini Penyebabnya

Dalam sejarah Aprilia, Aleix memiliki selisih waktu terkecil dengan pemenang lomba selama 20 tahun di kelas utama kejuaraan dunia balap motor. Pada musim 2020, gap terdekat Aleix dengan Alex Rins (Suzuki Ecstar) di GP Aragon hanya terpaut 14,598 detik.

Sementara, di GP Styria 2020 lalu, pembalap asal Spanyol ini hanya terpaut 6,411 detik dari Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3) yang menjadi juara di Sirkuit Red Bull Ring tersebut. Lalu, pada MotoGP Qatar 2021 lalu, jarak waktu Aleix merupakan keenam tercepat sepanjang Aprilia turun di kelas utama. Sebelumnya, lima selisih waktu tercepat dengan pemenang lain dibuat oleh Jeremy McWilliams.

Baca juga: Aprilia Tertarik Dengan VR46 Untuk Menjadi Tim Satelit MotoGP 2022
Jeremy McWilliams, pembalap tim Aprilia

McWilliams menjadi pembalap Aprilia terakhir yang mampu naik podium setelah finis P3 pada GP Inggris 2000 di Donington Park dengan Aprilia RS-2 500. Dengan torehan Aleix di GP Qatar 2021 tersebut, menjadi jarak terkecil Aprilia dengan pemenang balapan kelas utama selama lebih dari 20 tahun.

Performa dari Aprilia RS-GP 2021 terbilang cukup impresif sepanjang dua tes pramusim MotoGP Qatar lalu. Bahkan, sang kakak dari Pol Espargaro (Repsol Honda) tersebut menjadi pembalap tercepat pada tes pramusim awal Maret lalu.

Baca Juga : Valentino Rossi Ungkap Masalah Performa Motornya

Aleix Espargaro ingin performa motornya ditingkatkan

Usai lomba GP Qatar, Aleix menjelaskan bahwa dirinya ingin performa dari motornya ditingkatkan sedikit lagi. Tetapi, permintaan tersebut ditolak oleh Massimo Rivola selaku CEO Aprilia Racing karena dirinya di minta agar tidak membuat kesalahan dan mampu meraih podium. Meskipun, dirinya memiliki masalah dengan ban depan.

“Motor ini masih muda dan perlu informasi serta data-data dari banyak lomba. Jadi, saya memang diminta untuk tidak mengambil resiko terlalu tinggi. Tetapi, berikutnya saya masih kesulitan untuk melewati lawan dan saya akan berusaha untuk memperbaiki posisi menjelang akhir lomba. Namun, masalah ban depan dalam kondisi tidak baik menjelang akhir lomba,” ungkap Aleix Espargaro.